Bagian 15: “Semuanya Gara – Gara Aji”

Bagian 15: “Semuanya Gara – Gara Aji”

Ary--

Benar, cinta kita sederhana

Namun, penuh makna

Lembar-lembar kisah, kau peran utama

Kelana bersama

-Donne Maula, Sejuk

֍♠♠♠♠֍

“Kenapa sih mau jadi manusia yang luar biasa? Jadi manusia yang biasa – biasa aja, selayaknya jadi manusia. Karena kita hidup bukan buat pamer gaya, cuma nunggu kapan dipanggil tuhan aja!”

-Aji, berusaha menerima takdir tapi nggak bisa!

>>>***<<<

Rasanya Jingga ingin sekali menenggelamkan dirinya kini di tengah lautan, atau menguburkan dirinya secepat mungkin agar tidak lagi bertemu keluarga Aji. Setengah badan Jingga penuh dengan bubur comberan berwarna hitam, bau tubunya menyengat busuk. Matanya berkaca – kaca, satu kali kedip saja, bening Kristal yang sedari tadi menumpuk dimatanya akan segera jatuh.

“Hiks, Aji!” Lirih Jingga menangis, Aji meringis dengan tubuh penuh comberan dari ujung kepala hingga kakinya. Menatap Mamanya yang berdiri dengan wajah pias di pintu rumah. Bukan hanya Mama, melainkan ada Mas Arya, Enza, Rojer dan Sakul yang kini bahkan hanya mampu menganga melihat kondisinya dan Jingga. Tangis Jingga semakin parah, membuat semua orang sadar dari rasa terkejut mereka, memberi atensi sepenuhnya pada Jingga.

“Jingga kan ya? Ayo masuk, kita bersihin sama – sama ya nak,” Ajak Mama lembut mengusap bahu Jingga, tidak ada yang bersuara selain suara Mama dan tangis Jingga. Semuanya kompak terdiam, bahkan Aji tidak berani bergerak dari tempatnya walau Mama sudah menyuruhnya untuk beranjak bersih – bersih diri. Kepergian Mama dan Jingga, menyisakan kaum laki laki dan Rojer sebagai seorang perempuan sendirian.

“Lo kenapa deh Ji sampe bisa begini sama si Jingga – Jingga itu?” Tany Rojer heran, Aji yang berusaha sok kuat akhirnya menangis, “Mbak, itu gue bakal diputusin nggak sih sama si Jingga?!” Tanya Aji panik, letoy sekali memang mental Aji, baru segitu, sudah menangis layaknya ditinggal nikah saja.

“Gausah lebay! Gitu doang nangis! Laki apa banci lo?!” Sewot Mas Arya menggeplak kepala Aji. Aji melotot, “Kata Mama kepala fitrah, lo mau gue bego!” Kesal Aji pada Mas Arya.

“Abang mah nggak digituin juga udah bego dari oroknya,” Komentar Enza dengan tatapan polos, mengundang kekehan Rojer yang menyimak sedari tadi, “Murid siapa sih kok pinter banget!” Puji Rojer mengusap kepala Enza lembut, Enza tersenyum senang. Pokoknya mendapat perlakuan manja dari Mama dan Rojer itu nikmat dunia tiada duanya bagi Enza.

“Bocil dilarang komen!” Balas Aji mencebik kesal, menatap Enza sinis. Mas Arya menendang tulang kering Aji, “Itu anak gadis orang gimana bego! Udah capek skincare-an, perawatan, malah lo ajak main comberan!”

“Ya elah Mas, namanya naas. Gue juga mana tahu, sekarang gue lebih takut si Jingga mutusin gue gimana elah? Hidup tanpa Jingga bagai taman tak berbunga!”

Sakul yang sedari tadi diam akhirnya ikut menendang tulang kering Aji, “Otak lo dipakai dikit kalo udah gini! Itu anaknya udah sampe nangis kejer gitu! Syukur lo diputusin, mampus!” Kesal Sakul.

“Iri lo pasti kan mantan gagal move on,” Ejek Aji memonyongkan bibirnya.

Sakul menepuk jidatnya, “heran bener ketemu manusia nggak punya akal kayak lo!”

“Memangnya lo punya akal?!” Tanya Aji.

“Punyalah!” Jawab Sakul tak kalah sewot.

“Mana buktinya!” Kesal Aji.

“Satu tambah satu sama dengan tiga!” Pekik Sakul kesal.

“Kalo gitu gue juga punya dong. Satu kali satu sama dengan dua!”

Mas Arya, Enza dan Rojer kompak menggeleng tak percaya.

“Adek kamu tuh Yak, urusin takutnya makin gila.” Suruh Rojer.

“Adek mas tuh, makin kesini makin gila aja. Takutnya RSJ nggak kuat nampung pasien kayak dia!” Timpal Enza.

“Adek Mas, Abang kamu kalo kamu lupa!” Kesal Mas Arya.

Enza melirik Aji, “Oh iya ya benar juga,” Sahut Enza enteng yang dibalas elusan dada kompak oleh Mas Arya dan Rojer.

“Begini amat nasib gue jadi calon mantu keluarga sableng!” Batin Rojer.

***

Jingga tersenyum canggung menggunakan pakaian yang disiapkan oleh Mama Aji, Jingga tidak pernah tau kalo Mama Aji cukup fashionable di umur paruh bayanya beliau. Mama Aji tersenyum lembut, memberikan handuk kecil pada Jingga sebab rambutnya yang masih basah, “Di keringin dulu rambutnya, entar masuk angina dibiarin gitu.” Jingga menerima dengan senyum sungkan, “Makasih tante,” Jawab Jingga kecil.

Mama terkekeh pelan, “panggil Mama aja, soalnya lama nggak dipanggil tante jadi aneh juga dengernya. Nyaman – nyamanin disini ya, tante mau liat Aji dulu sebentar,” Mama mengusap lengan Jingga pelan, menatap Jingga teduh layaknya anak perempuannya sendiri.

“Hehe, Iya ta—Ma,” Jawab Jingga canggung. Saat Mama keluar, Jingga turut keluar, mengikuti Mama Aji dari belakang dengan langkah pelan. Jika dikamar Mama Aji tadi Jingga dapat mendengar sayup – sayup suara keributan, sekarang Jingga dapat mendenger jelas suara ramai yang sedang bertengkar di depan kulkas rumah mereka. Disana Ada Aji, dan mungkin yang Jingga ketahui sebagai Mas Arya dan Enza, kemudian mantan kekasihnya, Sakul. Serta seorang perempuan yang tak Jingga ketahui siapa.

“Yang ulang tahun itu senja! Ngapain lo yang sewot milih kue!” itu suara Aji

“Ya kan kita semua udah sepakat rasa strawberry kue yang warna pink, kenapa lo seenak jidatnya ganti gue pilihan kita jadi warna coklat!” Suara Sakul menyusul tak kalah keras.

“Gue sama Rojer sepakat cheese cake ya anjir! Napa lo pada yang baru datang malah sok – sokan ngatur!” Kali ini suara berat Mas Arya yang berbicara.

Sedangkan Rojer dan Enza hanya diam, melihat ketiga laki – laki berbeda usia itu berdebat tentang kue ulang tahun Enza. Hari ini, Enza berulang tahun, itulah mengapa Aji mengajak Jingga turut ke rumahnya. Awalnya Aji berpikir untuk membawa Jingga di hari lain, namun mengingat bahwa tidak semua keluargnya bisa berkumpul seperti hari ini, maka Aji paksakan Jingga untuk datang hari ini.

Aji membanting handuknya tidak terima di atas meja makan, “Pokoknya coklat!” Kukuh Aji.

“Cheesecake!”

“Enak aja! Strawberry!”

Perdebatan itu tak kunjung usai, Mama menghela nafas menatap Jingga dengan sinar mata permohonan, “Tolong maklum ya nak, anak mama namanya aja manusia, kalo warasanya mungkin nggak ada.” Buah tak jauh jatuh dari pohonnya, melihat Mama, Jingga seolah melihat Aji versi perempuan yang lebih tua.

Rojer dan Enza mendekati Mama dan Jingga, Rojer tersenyum manis, “Jingga ya? Kenalin aku Rojer, tetangganya Mama.” Kenal Rojer.

Mama menggoda Rojer, “Tetangga Mama atau calon istrinya Arya,”

“Kalo bisa dua – duanya Ma, kenapa enggak sih,” Balas Rojer yang disusul tawa Mama dan Jingga. Enza masih bersembunyi di belakang Rojer, Jingga menatap Enza dengan senyum paling manis. Kata Aji, Enza itu paling susah di dekati, namun sekali dekat pasti susah lepas.

“Ini pasti Senja ya? Eh, harusnya dipanggil Enza kan ya? Namanya keren banget loh, Enza.” Jingga memekik tertahan, sebab Enza benar – benar cantik dan tampan seperti gambaran Aji, sifat malu – malu Enza benar – benar tidak menggambarkan bahwa Enza adalah siswa bangku sekolah menengah atas.

Rojer mengamit lengan Jingga, untuk berdiri di sampingnya, “Kemaren katanya siapa yang nggak sabar buat ketemu sama pacaranya bang Aji.” Goda Rojer, Enza melotot pada Rojer dengan wajah memerah. “Kenalan gih!” Suruh Rojer.

Walau malu, Enza mengulurkan tangannya pada Jingga, “Enza,” Cicit Enza kecil, Jingga dengan semangat empat lima mengamit lengan Enza, “Jingga,” Ujar Jingga senang. Mama yang melihatnya terkekeh, “Si adek pake malu – malu harimau!” Ejek Mama.

“MAMA!” Pekik Enza melipat kedua tangannya di depan dada dengan wajah memerah, entah karena marah atau malu pada Jingga. Rojer dan Jingga turut terkikik.

“Mereka kenapa mbak?” Tanya Jingga menunjuk pada Aji, Mas Arya dan Sakul. Rojer menghela nafas, “Lagi debat kue buat si Enza, hari ini Enza ulang tahun.” Jawab Rojer. Jingga bersyukur ternyata keluarga Aji menyambutnya dengan ramah dan hangat walau kesan pertemuan pertama mereka, ya cukup spesial jika Jingga katakan.

“Hah? Eh, Selamat ulang tahun ya Enza, maaf kakak nggak bawa apa – apa, nanti kakak titip ke bang Aji aja ya,” Ucap Jingga cepat pada Enza, Enza tertawa pelan menganggukan kepalanya pada Jingga.

“Dek, mau kue apa deh? Liat itu tiga bocil nggak selesai – selesai,” Tanya Mama, Enza melakukan pose berpikirnya, “Enza mau rasa strawberry kayak yang bang Sakul bilang sih, tapi kalo Enza nolak bang Aji entar bang Aji nggak bantuin Enza buat prakarya Enza, Ma. Tapi nolak Mas Arya juga sama ngga enaknya!” Kesal Enza menatap mamanya dengan membara.

Mama segera melempar bantal sofa pada tiga manusia yang tengah berdebat itu, “Beli kue stroberi sana! Mama nyuruh atau kalian jadi durhaka terus masuk neraka!” mau tak mau tiga pria itu segera cabut untuk kue storoberi pesanan ibu Negara. (bersambung)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: