Disbudpar Sosialisasikan Pembentukan Pokdarwis dan Homestay di Tanjabtim

Disbudpar Sosialisasikan Pembentukan Pokdarwis dan Homestay di Tanjabtim

Kadis Budpar Provinsi Jambi, Drs. M. Arif Budiman, M.H saat membuka kegiatan sosialisasikan Pembentukan Pokdarwis dan Homestay di Tanjabtim--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sangat dibutuhkan dalam pengembangan kepariwisataan suatu daerah. Secara umum fungsi Pokdarwis dalam kegiatan kepariwisataan adalah sebagai penggerak sadar wisata dan sapta pesona di lingkungan wilayah destinasi wisata, serta sebagai mitra pemerintah dalam upaya perwujudan dan pengembangan sadar wisata di daerah.

Foto bersama usai kegiatan

Melihat pentingnya hal ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi menilai perlu dilakukan sosialisasi tentang pembentukan Pokdarwis dan Homestay di desa wisata, khususnya di Kabupaten Tanjab Timur. Dimana sosialisasi ini dilaksanakan pada 21 Juni 2022 di B Cafe, Desa Majelis Hidayah.

Narasumber menyampaikan materi saat kegiatan sosialisasi

Kadis Budpar Provinsi Jambi, Drs. M. Arif Budiman, M.H saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan, Pokdarwis dapat dibentuk melalui dua pendekatan, yaitu inisiatif dari masyarakat lokal dan inisiatif dari instansi terkait di bidang kepariwisataan. Dalam mengembangkan sektor kepariwisataan pemerintah daerah tidak akan mampu berdiri sendiri tanpa melibatkan peran swasta dan masyarakat. "Dengan terbentuknya Pokdarwis akan menjadi langkah efektif untuk meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar," katanya.

Dialog antara peserta dengan narasumber

Konsep pengembangan desa wisata saat ini adalah menjadikan desa sebagai sebuah destinasi wisata yang memadukan daya tarik wisata alam, budaya dan layanan fasilitas pendukung pariwisata. Baik itu homestay maupun penginapan serta aksesibilitas yang memadai dengan tata cara dan tradisi kehidupan masyarakat desa. "Pengembangan desa wisata merupakan misi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pengembangan usaha produktif di bidang pariwisata, sesuai dengan potensi dan sumber daya lokal. Melalui sosialisasi ini hal itu diharapkan dapat terwujud," imbuh Arif.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Sosialisasi Pokdarwis dan Homestay, Hj. Lies Indriani, ST.PDG, Sc. MM menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan keahlian kepada masyarakat di sekitar desa wisata untuk meningkatkan kemampuan di bidang kepariwisataan. Juga untuk mempersiapkan masyarakat di sekitar kawasan desa wisata dalam hal peningkatkan SDM demi terciptanya pembangunan diri pribadi serta meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. "Kita memberikan pemahaman tentang bagaimana membentuk dan mengelola desa wisata, meningkatkan kesadaran pelaku pariwisata tentang pentingnya pengelolaan homestay bagi pariwisata, dan mewujudkan desa wisata sebagai salah satu destinasi pariwisata yang layak untuk dikunjungi," imbuh wanita yang juga menjabat sebagai Kabid Pengembangan Destinasi, Disbudpar Provinsi Jambi.

Adapun pembicara dalam kegiatan ini yaitu dari Fakultas Ekonomi Unja (DR. M. Safri, SE, M.Si) dan Wakil Ketum Bidang Pariwisata Kadin Provinsi Jambi (Ir. Guntur). Sedangkan peserta yaitu berasal dari Pengelola Desa Wisata, Homestay, Kelompok Sadar Wisata dan Komunitas Pariwisata. (kar)

Sumber: