SUZUKI

Disbudpar Laksanakan Bimtek Manajemen Event bagi ASN

Disbudpar Laksanakan Bimtek Manajemen Event bagi ASN

Foto bersama usai pembukan kegiatan Bimtek Manajemen Event bagi ASN--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dinas Kebudayaan dan dan Pariwisata Provinsi Jambi menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Event yang berlangsung di Hotel BW Luxury Selasa (15/11/2022). Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar event yang dilaksanakan memiliki konsep pengelolaan khususnya di destinasi pariwisata serta mampu mengidentifikasi fungsi dan peran pembawa penyelenggaraan kegiatan event.


Peserta mendengarkan paparan dari narasumber--

Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Event dibuka oleh Kepala Disbudpar Provinsi Jambi, Drs. M. Arif Budiman, M.H dan dihadiri oleh pejabat dan ASN di lingkup Disbudpar Provinsi Jambi.


Kabid Pemasaran Disbudpar Provinsi Jambi, Erwin Efendi, M.H menyampaikan paparannya--

Dikatakan Arif Budiman, bahwa Pemerintah Provinsi Jambi menyambut baik atas terlaksananya kegiatan bimbingan teknis manajemen event ini. Di mana kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan pemerintah pusat melalui Kemenparekraf RI, khususnya Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Event. “Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih, karena telah menetapkan Provinsi Jambi sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Bimtek bagi ASN," ujarnya saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Event.

 

Arif menambahkan, pada masa pendemi Covid-19 selama dua tahun lalu dunia pariwisata dan kebudayaan terkena imbasnya karena pemerintah melakukan pembatasan pergerakan orang. Namun saat ini kegiatan mulai kembali pulih, sehingga kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Event untuk meningkatkan SDM dinilai perlu dilakukan.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penyelenggaraan event bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di lingkungan Dinas Pariwisata baik itu kota dan kabupaten. “ASN di Dinas Pariwisata daerah dalam pengembangan event memiliki peranan penting dalam mendukung suksesnya sebuah event yang dilaksanakan. Setelah Bimtek ini diharapkan adanya peningkatan SDM untuk pelaksanaan event kepariwisataan," katanya.

 

Untuk menjawab tantangan inilah diperlukan  sebuah langkah untuk meningkatkan kualitas event daerah serta meningkatkan kapasitas dalam perencanaan dan pengelolaan event baik. Para ASN ini diharapakn mampu memahami dan menjelaskan dari event dan tujuannya, serta menyusun konsep pengelolaan event. “Saya berharap kepada semua peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena Bimtek ini baru pertama kali dilakukan  dan kita berharap semua peserta mendapatkan  hal-hal baru yang bersifat strategis dalam rangka pengelolaan event daerah," ucapnya.

 

Sementara itu, Kabid Pemasaran Disbudpar Provinsi Jambi, Erwin Efendi, M.H menambahkan, kegiatan ini bertujuan agar ASN sebagai penyelenggara suatu event dapat menyelesaikan tujuan penyelenggaraan kegiatan event dengan baik. “Provinsi Jambi sebenarnya memiliki banyak potensi pariwisata, seperti seni budaya kemudian juga deskripsi wisata cukup banyak, tapi SDM kita masih kurang. Melalui penyelenggaraan kegiatan ini bagian mengelola ke depannya dapat mengemasnya menjadi menarik dan berkualitas,” sebutnya. 

 

Sumber: