Bimtek Pengembangan Desa Wisata, Bahas Perekonomian Sektor Pariwisata

Bimtek Pengembangan Desa Wisata, Bahas Perekonomian Sektor Pariwisata

aat pembukaan Bimtek Pengembangan Desa Wisata di Luminor Hotel--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi melalui Bidang pengembangan dan Industri Pariwisata melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Desa Wisata tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Luminor Hotel dari tanggal 19 – 21 Juni 2023 yang melibatkan para pengelola Desa Wisata se kabupaten/kota, pengelola objek wisata sebanyak 50 orang. 


Foto bersama usai pembukaan Bimtek Pengembangan Desa Wisata--

Pada saat pembukaan yang berlangsung Senin (19/6) malam dibuka langsung oleh Kepala Disbudpar Provinsi Jambi M. Arif Budiman, M.H dan dihadiri oleh pejabat di lingkup Disbudpar Provinsi Jambi. Adapun pemateri dalam kegiatan ini yaitu Tenaga Ahli Kemenparekraf (Yani Adriani, S.T.M.P.Par), DP3APL Provinsi Jambi (Chirun Nasichin, M.Sos, M.A.P) kemudian Tenga Ahli Gubernur Jambi Bidang Pariwisata (DR. Thamrin B. Bachri). 

Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan dimaksudkan untuk mengajak para pengelola desa wisata agar dapat mengembangkan perekonomian lokal dan daerah melalui sektor pariwisata. Yang tentunya akan berdampak pada meningkatkan nilai sumber daya lokal untuk kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan pariwisata meningkatkan produktivitas dan daya saing usaha pariwisata skala UMKM prinsip pariwisata dalam pengembangan desa.


Foto bersama usai pelaksaaan Bimtek Pengembangan Desa Wisata--

Kepala Disbudpar Provinsi Jambi M. Arif Budiman, M.H, mengatakan melalui kegiatan diinginkan agar desa wisata yang ada di Provinsi Jambi dapat menjadi satu kesatuan, karena desa wisata merupakan salah satu sumber mata pencaharian baru. Sehingga targetnya yaitu bagaimana uang datang dari pengunjung bisa masuk ke kas desa dan untuk biaya kebutuhan masyarakat sekitar. “Oleh karena itu, SDM yang mengerti tentang Sapta Pesona sangat diperlukan, melalui kegiatan ini hal itu diharapkan dapat terealisasi. Kita harus sadar, bahwa bidang pariwisata ini lebih difokuskan bagaimana agar orang yang sudah berkunjung mau datang kembali ke desa wisata kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Bimtek melalui Kasi Pengembangan Kawasan Pariwisata, Hendri Beni, S.Sos, M.H menambahkan, memberdayakan masyarakat setempat agar dapat berperan aktif dalam pembuatan bentuk pariwisata juga menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut. Oleh karena itu dalam kegiatan itu dibahas tentang memanfaatkan kawasan lingkungannya agar mereka para pengelola desa wisata mendapat jaminan kelestarian pariwisata, agar pengunjung merasa nyaman dan mau berkunjung lagi. “Masyarakat harus mendorong kewirausahaan untuk mengembangkan produk wisata desa. Masyarakat setempat hendaknya bertanggung jawab terhadap perencanaan dan pengelolaan lingkungannya, agar memperoleh pendapatan yang pantas dari kegiatan setempat serta mengembangkan produk wisata desa,” imbuhnya. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: