Pilkades Tanjabtim 12 Oktober 2022, Tahapan Dimulai 23 Juni

Pilkades Tanjabtim 12 Oktober 2022, Tahapan Dimulai 23 Juni

ilustrasi--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Penyelenggaran pesta demokrasi ditingkat desa atau yang biasa disebut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Tanjabtim, sebentar lagi akan dilaksanakan. Dari rapat bersama yang telah dilakukan, Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Tanjabtim akan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanjabtim, Mariontoni mengatakan, bahwa Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 10 Tahun 2022 tentang pelaksanaan Pilkades telah disetujui oleh Kepala Daerah, setelah melalui proses yang panjang. 

"Dari 73 desa yang ada di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini, 45 desa diantaranya akan berkompetisi," katanya. 

Isi dari Perbup Pilkades serentak yang telah disetujui itu, yakni tentang tata cara pencalonan kepala desa, pemilihan kepala desa, pelantikan kepala desa dan pemberhentian kepala desa sebelumnya. Dengan tahapannya akan dimulai pada tanggal 23 Juni bulan ini.

"Namun rencana tahapan itu dimulai tergantung dari Pak Bupati, disetujui atau tidak. Yang jelas akan kita ajukan lagi," ungkap Mariontoni yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tanjabtim ini. 

Dia menjelaskan, untuk tahap awal, pihaknya melakukan rapat besar bersama para Camat yang desanya melaksanakan Pilkades dan para Kepala Desa di 45 desa. Selanjutnya BPD di masing-masing desa akan menyurati Kepala Desa mengenai masa jabatannya yang sudah berakhir.

"Setelah itu, BPD akan membentuk panitia pemilihan kepala desa, pendaftaran pencalonan, pendataan mata pilih, teknis pemilihan, penetapan TPS dan proses pemilihan perhitungan suara," jelasnya.

Semua proses dan tahapan itu, saat ini sedang digodok penyusunannya dan sebagian telah tersusun. Mudah-mudahan dengan waktu yang ada, dengan schedule yang akan ditetapkan, kita yakin dan optimis pemilihan ini akan berjalan lancar dan tertib. 

"Tentunya kita akan dibantu oleh stakeholder dan masyarakat Tanjabtim," tukasnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: