BAYU Al-Rahmat berhasil meraih juara Olimpiade Matematikan se Provinsi Jambi. Bagaiamana usahanya sehingga ia mampu berprestasi cemerlang tersebut?

 SRI JUNALIA

 

PRESTASI spektakuler diukir oleh Bayu Al-Rahmat, siswa SMPN 7, Kota Jambi. Ia berhasil meraih juara 1 Olimpiade Matematika se-Provinsi Jambi. Siswa yang memang hobby berhitung ini ke luar sebagai juara setelah berjuang keras menyisihkan pesaingnya dari berbagai daerah di Provinsi Jambi lainnya.

Menurut pengakuan siswa kelas IX SMPN 7 ini, kepiawaiannya dalam mengolah dan memecahkan soal berhitung ini berawal dari hobi menghitung. Dia mengikuti pelajaran matematika di sekolahnya ibaratnya sudah menjadi makanan pokok. Matematika baginya merupakan mata pelajaran yang sangat disukai. Bahkan, mata pelajaran itu mendapat tempat istimewa di hati anak yang selalu tampak ceria ini.

Makanya, wajar jika dia meraih prestasi ini. dalam mempersiapkan dirinya untuk ikut olimpiade ini mengaku tidak ada persiapan khusus. “Hanya saja saya rutin dan tekun untuk mengikuti bimbingan belajar dan juga berdo’a supaya bisa memenangi perlombaan tersebut,”  katanya

Ia menegaskan, “Sekali lagi, tidak ada persiapan khusus dan saya memang mencoba untuk mendalami ilmu matematika yang telah diperoleh di sekolah dan juga lebih rutin mengerjakan soal untuk persiapannya ini,” ucapnya.

Putra pasangan dari Emni Yusnita dan M Yazid ini mengaku akan terus bekerja keras untuk terus mengerjakan soal matematika karena sejak kecil dirinya memang sudah menyukai ilmu matematika.

Siswa yang lahir pada 19 Oktober 1999 inimengungkapkan kesuksesannya dalam maraih prestasi memang tidak terlepas dari kecintaannya pada mata pelajaran hitung-menghitung ini.

Saat menginjak SD pun dia selalu aktif mengerjakan soal matematika baik itu soal dari guru matematika dan soal yang dia cari dalam jaringan (internet). “Minimal sehari mengerjakan dua soal matematika. Jika soal itu sulit, solusinya jangan mudah menyerah dan terus berusaha,” pungkasnya.  (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: