>

JAMBIEKSPRES.CO.ID-Kegiatan bersepeda sudah menjadi trend sejak lama. Namun belakangan ini, terutama selama pandemi, olahraga bersepeda justru seakan booming. Menjadi alternatif olahraga yang bisa tidak bersentuhan dengan banyak orang.

Ada banyak manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh karena kita terus bergerak secara konstan. Bermanfaat pula untuk kesehatan mental karena aktivitasnya yang menyenangkan.

Asyiknya, olahraga ini bisa dilakukan berbagai kalangan. Anak-anak, remaja, dan orang tua. Bisa menjadi olah raga murah dan juga mahal.

Banyak lho keuntungan yang bisa didapat karena berolahraga. Selain menjadi gaya hidup, sekaligus menjadikan tubuh kita sehat dan imun kuat.

Kalau menjadi pengganti moda transportasi sehari-hari, sudah termasuk menolong lingkungan juga lho. Hemat energi dan tidak menghasilkan polusi.

Kamu pasti sudah mendengar ada gerakan “Bike to Work”. Bersepada saat pergi bekerja.

Lalu apa saja manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan tubuh manusia? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Menguatkan Otot Kaki

Kalau kamu rutin naik sepeda, akan merasakan otot mana yang banyak bekerja. Akan merasakan adanya gerakan pada otot betis, paha depan, paha belakang, dan bokong. Olahraga ini bisa meningkatkan fungsi seluruh tubuh tanpa terlalu membebani otot-otot kaki.

Level berikutnya dalam bersepeda adalah dengan meningkatkan performa. Caranya bisa dengan latihan squat, leg press, dan lunges. Bisa rutin dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

Memperkuat Otot Inti dan Memperbaiki Postur Tubuh

Otot inti seperti otot punggung dan perut akan terlatih dengan kita bersepeda. Menjaga posisi tubuh tetap tegak saat bersepeda itu membutuhkan kekuatan otot-otot tersebut.

Selain itu tulang belakang kita juga terbantu tertopang. Otot perut dan punggung yang kuat menopang tulang belakang kamu. Stabilitas dan postur tubuh juga meningkat.

Meningkatkan Keseimbangan dan Mengurangi Risiko Penyakit Artritis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: