Tol Jambi-Betung Butuh Rp 25 Triliun, Jambi-Rengat Rp 100 Triliun, Bank Jambi Tidak Ikut Sindikasi

Tol Jambi-Betung Butuh Rp 25 Triliun, Jambi-Rengat Rp 100 Triliun, Bank Jambi Tidak Ikut Sindikasi

Gerbang Tol Muara Sebapo di Kabupaten Muaro Jambi. Tol Ini akan nyambung hingga Betung Sumsel. Biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 25 Triliun-Dok Hutama Karya-

Tol Jambi - Rengat Butuh 100 Triliun

 

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR RI beberapa waktu lalu, Dirut PT Hutama Karya,  Budi Harto mengatakan, dibutuhkan investasi tidak kecil untuk bisa menyelesaikan pembangunan jalan tol trans sumatera (JTTS). 

 

Tak hanya tol Jambi - Betung, Untuk bisa menyelesaikan ruas tol Jambi - Pekanbaru yang panjangnya mencapai 350 kilometer, kata Budi membutuhkan biaya hingga Rp 100 Triliun.

 

Adapun kini ruas tol Betung - Jambi,  sedang disiapkan kontraknya antara PT Hutama Karya dengan Kementerian PUPR. Dalam pelaksanaan proyek ini, PT Hutama Karya kata Budi akan mengerjakannya dengan pola baru, yakni semacam KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha) dengan PUPR. 

 

Untuk membangun jalan ruas tol Trans Sumatera, Hutama Karya kata Budi memiliki utang senilai Rp 42 triliun. Kemudian Indonesia Investment Authority (INA) berencana membeli tiga ruas tol Hutama Karya senilai Rp 34 triliun. Dana ini kata Budi akan digunakan Hutama Karya untuk membayar utang.

 

“Utang kami tinggal sekitar Rp 10 triliun, yang masih mampu kami kelola dengan ruas yang ada,” ucapnya.

 

Sementara itu, Ketua Komisi XI DPR RI Kahar Muzakir menyebutkan pihaknya menyetujui pemberian Penyertaan Modal Negara atau PMN kepada PT Hutama Karya senilai Rp 7,5 triliun untuk melanjutkan pembangunan lima ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

 

“Rapat tambahan PMN kepada PT Hutama Karya hari ini dinyatakan disetujui,” katanya dalam RDP.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait