Punya 4 Taman Nasional dan 29 Hutan Adat, Jambi Kurangi Emisi Melalui Deforestasi dan Degradasi Hutan

Selasa 08-10-2024,18:55 WIB
Reporter : Tim
Editor : Dona Piscesika

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Provinsi Jambi memiliki 4 Taman Nasional serta 29 hutan adat yang merupakan hutan terbanyak di Indonesia, ditambah kawasan Perhutanan Sosial yang tersebar di 10 KPH.

 

Empat taman nasional itu diantaranya Taman Nasional Bukit 12, Taman Nasional Berbak, Taman Nasional Keinci Seblat, Taman Nasional Bukit 30

 

Kondisi ini membuat Provinsi Jambi akan melakukan pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan serta peningkatan konservasi serta cadangan karbon hutan.

 

Potensi hutan yang sangat besar dimiliki Jambi akan dilaksanakan untuk kegiatan penurunan emisi melalui pengelolaan hutan dan lahan. 

 

Terkait program Bio Carbon Fund, dari rilis yang diterima Jambi Ekspres, disebut Pemerintah Provinsi Jambi melalui Sub Nasional Manajemen Unit (SNPMU) saat ini sedang melaksanakan kegiatan sosialisasi ke 10 Kabupaten/Kota untuk memberikan gambaran umum tentang pola penetapan dan pengukuran emisi, penetapan dan skema pembagian manfaat dan tata cara penyaluran manfaat serta fungi safeguard dan standar monev yang akan dilaksanakan dalam pengelolaan dana manfaat nantinya.

 

Dan pelaksanaan kegiatan lingkup BioCF-ISFL merupakan wujud komitmen Provinsi Jambi  dalam ikut berperan aktif melaksanakan penurunan emisi.

 

"Pemerintah Provinsi Jambi telah berkomitmen dan akan terus  mengimplementasikan konsep REDD+ di Provinsi Jambi yaitu pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan serta peningkatan konservasi serta cadangan karbon hutan", tegas Kepala Bappeda Provinsi Jambi yang diwakili oleh Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam yang juga merupakan wakil ketua SNPMU BioCF Dr.Ahmad Subhan. S.IP. M.Si hari ini (7/10) dalam acara pembukaan sosialisasi BioCF-ISFL yang diikuti oleh jajaran Pemerintah  Kabupaten Kerinci.

 

Lebih jauh Subhan menambahkan bahwa pemerintah provinsi Jambi telah mengintegrasikan Road Map Pertumbuhan Ekonomi Hijau Tahun 2019- 2045 dengan Dokumen Perencanaan RPJMD Provinsi Jambi. 

Kategori :