DISWAY: Lapangan Kerugian

Selasa 22-03-2022,00:00 WIB

Lebih lengkap lagi makan songkolo pulu mandoti lauknya dengan dangke susu kerbau / keju khas yang hanya ada di enrekang abah

 

Heiruddin Arafah

akhirnya abah singgah juga di makassar. makanan pulu mandoti ini juga dikenal dengan sebutan songkolo. cuma memang bahan dasar berasnya yang beda-beda. jurusan makassar ke parepare. yang sekarang butuh sampai 3 jam perjalanan. dibanding dulu yang hanya perlu 2 jam. mungkin disebabkan kualitas jalanan yang sudah banyak rusak. kalau balik makassar, coba jalur alternatif lewat soppeng. kampung saya abah. bupatinya tidak kalah hebat. soppeng banyak berubah sejak dipimpin beliau. ini sudah periode keduanya.

 

Pengamat Jalanan

\"Saya dulu perokok. Setelah membaca buku bahwa rokok itu berbahaya. Sejak saat itulah saya berhenti membaca buku.\". Itulah kata-kata yang populer di aplikasi tik-tok.  Kadang saya bingung. Katanya rokok mengurangi jatah umur kita.  Ada bapaknya temen saya umur 90 tahun, masih merokok. Sedangkan di tempat lain, dia tidak merokok, umur 60 tahun dah meninggal. Bingung kan?

 

Jo Neka

Mandoti memang enaaaak..saya pernah makan di Ujung Pandang.sekarang Makasar pada thn 1992..dan masih terngiang enaknya setelah 30thn kemudian..Indonesia adalah SURGA dunia..

 

Hardiyanto Prasetiyo

Dulu thn 2006 ketika ada penugasan ke PMDG 7 yg saat ini sdh diganti menjadi PMDG 6 yg berlokasi di Konawe Selatan, Kendari, Sultra, saya berkenalan dgn kuliner khas sana, namanya Sinonggi. Kuliner ini khas suku Tolaki yg terkenal jg kecantikan kaum wanitanya dgn ciri khas mata sipitnya dan cocok diberikan gelar 5i. Sinonggi ini terbuat dari sari pati sagu, tdk semua warga Kendari bisa membuat Sinonggi yg benar2 Sinonggi dgn rasa berkualitas tinggi. Sinonggi ini biasanya cocok disajikan dgn sayur berkuah (yg bersantan ataupun sayur bening). Dan menurut cerita beberapa penduduk suku Tolaki, Sinonggi ini dahulunya berposisi sebagai makanan pokok pengganti peran sentral nasi. Teksturnya mirip2 kanji,molor kalau disendoki. Tp sayangnya saat ini keberadaan Sinonggi sdh hampir punah dan jarang sekali karena kalah dominasi dgn nasi yg kembali trend di kalangan suku Tolaki

 

Rikiplik

Mungkin mnyak goreng mo naek kelas bro.. Jadi gengsi kalangan menengah atas. Yg menengah bawah mungkin disuruh pake jlantah.. hehehe..

Tags :
Kategori :

Terkait