>

Pelatihan Pembuatan Ecobrick di SMKN 4 Kerinci: Solusi Kreatif Mengurangi Sampah Plastik

Pelatihan Pembuatan Ecobrick di SMKN 4 Kerinci: Solusi Kreatif Mengurangi Sampah Plastik

Siswa SMKN 4 Kerinci mencoba langsung untuk membuat ecobrick dalam program pengabdian masyarakat Universitas Jambi-(foto: istimewa)-

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID — Dalam upaya mengatasi permasalahan sampah plastik yang semakin mengkhawatirkan, mahasiswa Universitas Jambi melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan judul "Pelatihan Pembuatan Ecobrick sebagai Solusi Mengurangi sampah plastik." 

 

Kegiatan ini diikuti oleh siswa dan guru di SMKN 4 Kerinci sebagai lokasi pelaksanaan pada Agustus 2024.

 

Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan serta cara-cara kreatif untuk mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat. 

 

Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan langkah-langkah pembuatan ecobrick, yaitu bata ramah lingkungan yang terbuat dari botol plastik bekas yang diisi dengan sampah non-organik. Ecobrick dapat digunakan sebagai material bangunan yang kuat dan tahan lama.

  

Kegiatan dibuka oleh Bapak Edwin Permana, S.T., M.T., yang menyampaikan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan bagaimana setiap individu dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan. 


Narasumber Ir. Edwin Permana, S.T., M.T. IPM., ASEAN ENG saat memberikan sambutan pembukaan acara -(foto: istimewa)-

 

"Melalui pelatihan ini, kami berharap siswa tidak hanya memperoleh keterampilan baru, tetapi juga meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

 

Materi pelatihan disampaikan oleh Dr. Intan Lestari S.Si., M.Si, seorang dosen sekaligus Kepala Jurusan MIPA Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: