>

Penerapan Teknologi Pengolahan Minuman Bubuk Berbasis Tanaman Rimpang di Desa Ibru

Penerapan Teknologi Pengolahan Minuman Bubuk Berbasis Tanaman Rimpang di Desa Ibru

Foto Bersama-Foto: Istimewa-

 

Desa Ibru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi merupakan salah satu desa binaan Universitas Jambi (UNJA) yang menjadi desa laboratorium terpadu. Sivitas UNJA melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka mengembangkan desa tersebut dari berbagai aspek melalui penerapan IPTEKS.

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan di Desa Ibru adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui pemberdayaan kelompok masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa.


Kabupaten Muaro Jambi merupakan salah satu desa binaan Universitas Jambi (UNJA) yang menjadi desa laboratorium terpadu.-Foto: Istimewa-

Kelompok Wanita Tani (KWT) Maju Jaya adalah salah satu kelompok masyarakat di Desa Ibru tepatnya di Dusun Bakti Jaya. KWT ini merupakan kelompok ibu-ibu yang melaksanakan usaha bidang pertanian tanaman rimpang berupa kunyit dan jahe merah yang dibentuk pada tahun 2015.

Mereka menjalankan usahan budidaya dan pengolahan kunyit dan jahe merah. KWT Maju Jaya telah mengolah 30 – 40 kg kunyit segar per minggu menjadi bubuk kunyit (80%) dan teh kunyit (20%). Pemasaran produk olahan kunyit tersebut dilakukan secara langsung dan secara online melalui Facebook dan Grup Whatsapp.

Bubuk kunyit yang dihasilkan oleh KWT Maju Jaya masih terbatas untuk penggunaan sebagai bumbu masakan sehingga produksi dan pemasaran produk menjadi terbatas. Upaya yang dapat dilakukan untuk menambah variasi produk olahan kunyit sehingga dapat meningkatkan nilai tambah fungsional dan ekonomisnya, yaitu dengan mengolah kunyit menjadi produk minuman.

Oleh karena itu, Dosen Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Jambi yang diketuai oleh Ibu Dr. Fitry Tafzi, S.TP, M.Si dan anggota timnya Dr. Lavlinesia, STP, M.Si, Addion Nizori, STP, M.Si, Ph.D, Dr. Dewi Fortuna, STP, M.Si dan Yernisa, STP, M.Si melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Judul Penerapan Teknologi Pengolahan Pangan Fungsional Berbasis Tanaman Rimpang di Kelompok Wanita Tani Jaya Desa Ibru.


Kabupaten Muaro Jambi merupakan salah satu desa binaan Universitas Jambi (UNJA) yang menjadi desa laboratorium terpadu.-Foto: Istimewa-

PKM ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Tim melakukan penyuluhan dalam rangka memberikan edukasi tentang manfaat tanaman rimpang (kunyit dan jahe) dan alternatif produk olahan serta teknologi proses pengolahanya.

Tanaman rimpang umumnya selain sebagai bumbu masakan, untuk kebutuhan obat dan kesehatan diolah menjadi bentuk jamu. Tidak semua kalangan menyukai jamu. 

Alternatif produk olahan yang diperkenalkan adalah produk minuman, yaitu minuman  kunir asam bubuk. Kunir asam kebanyakan dikomersialkan dalam bentuk minuman cair. Pada kegiatatan ini peserta dilatih membuat kunir asam bubuk. Kelebihan produk dalam bentuk bubuk adalah lebih awet, mudah dikemas dan mengurangi volume penyimpanan.

Pelatihan dan demonstrasi pembuatan minuman kunir asam bubuk dilaksanakan pada tanggal 21 September 2024. Tahapan-tahapan proses pengolahan dijelaskan dan dipraktekkan langsung (demonstrasi) di tempat pelatihan di Dusun Bakti Jaya Desa Ibru.

Teknologi pengolahan yang dikenalkan menggunakan bahan dan peralatan sederhana yang mudah didapat sehingga harapannya mudah diaplikasikan langsung oleh mitra selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: