>

Terkuak! Ada Darah Minang Mengalir di Tubuh Cut Nyak Dhien

Terkuak! Ada Darah Minang Mengalir di Tubuh Cut Nyak Dhien

Silsilah keluarga Cut Nyak Dhien menunjukkan pahlawan nasional itu mengaliri darah minang di tubuhnya-Antara/Muhammad Zulfikar-

 

Sementara itu, Pamong Budaya Ahli Muda Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah I Provinsi Aceh, Hasbullah, memiliki pendapat berbeda tentang sosok Makoedum Sati. Meskipun sama-sama menyakini berasal dari Minangkabau, Hasbullah menyatakan Makoedum Sati adalah seorang laki-laki, bukan perempuan.

 

Berdasarkan literasi yang disampaikan Hasbullah, Makoedum Sati datang ke Aceh diperkirakan pada abad 18 ketika kerajaan Aceh diperintah oleh Sultan Jamalul Alam Barul Munir (1711--1733 M).

 

Perjalanan Makoedum Sati ke Aceh diawali dengan sebuah kabar bahwasanya terdapat sumber emas di ujung Pulau Sumatera. Setelah mendapat berita itu, Makoedum bersama 12 perahu berlayar ke Tanah Rencong dan mendarat di Pantai Tanah Aceh bernama Pasir Karam.

 

Ketika rombongan Makoedum Sati tiba di Aceh, ia mendapati pasukan Aceh sedang berperang melawan pasukan Mantir yang kala itu belum memeluk agama Islam. Pada peperangan itu pasukan tentara Aceh kalah jumlah.

 

Situasi itu dimanfaatkan Makoedum Sati dan membantu tentara Aceh dalam melawan pasukan Mantir. Alhasil, mereka dapat mengalahkannya. Atas bantuan tersebut, pasukan Aceh menghadiahi Makoedum Sati tanah yang awalnya ditempati pasukan Mantir.

 

Makoedum Sati memanfaatkan tanah pemberian tersebut untuk bersawah dan berladang guna memenuhi kebutuhan rombongan yang ia bawa dari Sumatera Barat. Dalam waktu singkat, Makoedom Sati beserta rakyatnya menjadi orang makmur dan menyatakan kesetiaannya kepada kekuasaan Sultan Aceh.

 

Tak lama berselang, Makoedum Sati memutuskan pindah ke muara Sungai Woyla perbatasan daerah Pidie. Di sana, Makoedum dan rombongan menetap dan kembali membuka persawahan, ladang, perdagangan hingga mengumpulkan biji emas yang dibawa arus Sungai Woyla.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: