>

Terkuak! Ada Darah Minang Mengalir di Tubuh Cut Nyak Dhien

Terkuak! Ada Darah Minang Mengalir di Tubuh Cut Nyak Dhien

Silsilah keluarga Cut Nyak Dhien menunjukkan pahlawan nasional itu mengaliri darah minang di tubuhnya-Antara/Muhammad Zulfikar-

Tak hanya memperoleh ilmu agama, hati perempuan Minangkabau tersebut tersangkut dengan sosok lelaki Aceh hingga bermuara ke pelaminan. 

 

Sayangnya, tak satu pun dari ahli waris Cut Nyak Dhien yang mengetahui siapa laki-laki yang menikah dengan Makoedum Sati.

 

Dari hasil perkawinan Makoedum Sati dengan laki-laki Aceh tersebut lahirlah anak laki-laki yang diberi nama Panglima Nanta Chik Setia Raja. Kemudian, Panglima Nanta Chik Setia Raja menikahi perempuan Aceh yang bernama Anak Bangsawan Teuku Nek Meuraxa.

 

Dari pernikahan Panglima Nanta Chik Setia Raja dengan Anak Bangsawan Teuku Nek Meuraxa lahirlah dua anak yang diberi nama Teuku Nanta Muda Setia dan Teuku Cut Mahmud.

 

Teuku Nanta Muda Setia merupakan ayah kandung dari Cut Nyak Dhien, sementara Teuku Cut Mahmud merupakan ayah kandung Teuku Umar. Ibu Cut Nyak Dhien ialah Putri Bangsawan Lampageu. Cut Nyak Dhien sendiri diketahui memiliki saudara laki-laki yang bernama Teuku Rayeuk.

 

Sebelum menikah dengan Teuku Umar, Cut Nyak Dhien menikah dengan Teuku Cek Ibrahim Lamnga. Setelah suami pertamanya meninggal, Cut Nyak Dhien kembali menikah dengan Teuku Umar yang merupakan sepupunya sendiri.

 

"Dari pernikahan Cut Nyak Dhien dengan Teuku Umar, lahir seorang anak perempuan bernama Cut Gambang," kata Asiah.

 

Anak semata wayang Cut Nyak Dhien tersebut menikah dengan Teuku Mayet Di Tiro yang merupakan anak dari pahlawan nasional Teuku Cik Di Tiro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: