>

Terkuak! Ada Darah Minang Mengalir di Tubuh Cut Nyak Dhien

Terkuak! Ada Darah Minang Mengalir di Tubuh Cut Nyak Dhien

Silsilah keluarga Cut Nyak Dhien menunjukkan pahlawan nasional itu mengaliri darah minang di tubuhnya-Antara/Muhammad Zulfikar-

BANDA ACEH, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Terkuak! Ternyata ada darah minang yang mengalir di tubuh pahlawan asal ACEH Cut Nyak Dhien.

 

Pahlawan nasional kelahiran 1848 tersebut merupakan srikandi tangguh asal Aceh. Anggapan ini tidak salah karena kedua orang tuanya merupakan suku Aceh. 

 

Namun, banyak yang tidak tahu bahwa di dalam tubuh istri Teuku Umar tersebut juga mengalir darah minang atau Minangkabau.

 

Darah Minang minang diwariskan oleh buyut Cut Nyak Dhien bernama Makoedum Sati. Hal itu dapat dijumpai pada silsilah keluarga Cut Nyak Dhien yang terpajang di Rumoh Tjut Nja' Dhien  di Desa Lampisang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

 

Juru Pelihara Rumoh Tjut Nja' Dhien atau Museum Cut Nyak Dhien, Asiah (54), seperti dikutip dari Antara, menyebut bahwa pmenyatakan dalam silsilah keturunan Cut Nyak Dhien memang tidak diketahui pasti sosok Makoedum Sati.

 

Namun, buyut Cut Nyak Dhien tersebut diketahui perempuan yang berasal dari Pagaruyuang, Kota Batusangkar, Provinsi Sumatera Barat. 

 

Makoedum Sati dulunya diketahui pergi menimba ilmu pengetahuan ke Tanah Aceh, tepatnya di pondok pesantren sekaligus untuk merantau.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: