>

Pakai Pondasi 'Busa' Tol Baleno Jambi Selesai 100 Persen

Pakai Pondasi 'Busa' Tol Baleno Jambi Selesai 100 Persen

Sudah 95 Persen, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Tinggal Finishing-tangkap layar @LensaYoutuber-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tol Baleno (Bayung Lencir-Tempino) Jambi akhirnya rampung dan dinyatakan selesai 100 persen. 

 

Tol Baleno merupakan tol yang menggunakan pondasi busa atau geofoam. Material geofoam bentuknya sperti balok, bobotnya ringan namun kuat fungsinya sebagai material penanganan dan perkuatan lapisan tanah yang labil.

 

Penggunaan geofoam di Tol Balenokarena terdapat bagian tanah yang labil berair, sehingga tidak bisa ditangani dengan konstruksi biasa. 

 

Menggunakan bahan geofoam merupakan kali kedua untuk pembangunan tol di Indonesia. Tol pertama yang menggunakan inovasi geofoam adalah tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu).

 

Kini, progres pembangunan jalan bebas hambatan Tol Baleno di Jambi sudah 100 persen dan hanya menyisakan pekerjaan perapian.

 

"Saat ini sudah 100 persen," kata Kepala Satker Jalan Bebas Hambatan Jambi Benny Christiawan di Jambi, Senin, dikutip dari Antara, 

 

Benny mengatakan saat ini pekerja sedang melakukan perapian tol. Sedangkan untuk uji kelayakan masih menunggu instruksi dari pusat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: