>

Mobil Asal China ROX Motor Berencana Tembus Pasar RI

Mobil Asal China ROX Motor Berencana Tembus Pasar RI

Mobil ROX 01 "Off-Road Master Edition" dalam gelaran Chengdu Motor Show 2024 di Chengdu, provinsi Sichuan, China pada Jumat (30/8). -(ANTARA/Desca Lidya Natalia)-

"Kami baru bekerja sama dengan Filipina karena di sana mobilnya menggunakan setir kiri seperti di China, sedangkan di Indonesia, mobil menggunakan setir kanan, karena itu kami membutuhkan waktu untuk penyesuaian desain dan hal teknis lainnya," tambah Jarvis.

 

Jarvis mengaku ROX Motor memang punya target pasar yang spesifik, termasuk di China karena mobil kelas SUV tidak terlalu populer.

 

"Memang ada banyak mobil di perkotaan dan dibuat untuk skenario orang yang tinggal di kota, tapi bila orang-orang di kota ingin menikmati alam yang medannya lebih menantang, belum ada mobil yang memenuhi kebutuhan tersebut, padahal banyak orang di kota yang sumpek dengan perkotaan dan ingin berlibur ke daerah dengan alam terbuka atau 'off-road'," jelas Jarvis. 

 

Jarvis menyebut, pasca pandemi COVID-19, masyarakat di China, khususnya di perkotaan, mulai menunjukkan minat untuk berlibur di tempat-tempat yang masih alami.

 

"Jadi seperti slogan kami, 'ROX Motor empowered by nature', karena kita juga berasal dari alam kami harus membuat produk yang mendorong orang untuk datang ke alam, untuk pergi jauh bersama keluarga maupun teman-teman, yang tidak bisa dipenuhi kebutuhannya dengan mobil biasa," kata Jarvis.

 

Agar dapat pergi jauh, Jarvis menyebut ROX Motor menyediakan ROX 01 yang merupakan mobil jenis EREV yang menawarkan kombinasi unik antara efisiensi listrik dan fleksibilitas jarak tempuh. Dengan menggabungkan mesin pembakaran internal sebagai generator, EREV dapat menempuh jarak yang lebih jauh tanpa harus sering-sering mencari stasiun pengisian daya khususnya di daerah pedalaman.

 

ROX 01 menggunakan sistem listrik penggerak empat roda dengan motor ganda yang dapat diperluas jangkauannya, menghasilkan daya maksimum 350 kW dan torsi gabungan 740 N·m. Akselerasi hingga 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 5,5 detik. Kecepatan puncaknya diklaim mencapai lebih dari 200 kilometer per jam. 

 

Dengan paket baterai lithium seri 5 CATL 56,01 kWh dan tangki bahan bakar berkapasitas 70 liter, kendaraan ini menawarkan jangkauan 282 km menurut standar "China Light Duty Vehicle Test Cycle" (CLTC) yaitu perkiraan jarak berkendara yang dapat ditempuh kendaraan dengan sekali pengisian daya berdasarkan pengujian dalam kondisi berkendara di kota, jalan raya, dan gabungan, dan 235 km menurut standar "Worldwide harmonized Light vehicles Test Cycles" (WLTC) atau pengukuran standar Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: