>

Sempat Menegangkan ! Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI ke-79 di Kantor Gubernur Jambi Berlangsung Lancar

Sempat Menegangkan ! Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI ke-79 di Kantor Gubernur Jambi Berlangsung Lancar

Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI ke-79 di Kantor Gubernur Jambi Berlangsung Lancar--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Prosesi pengibaran duplikat bendera merah putih Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di kantor Gubernur Jambi (17/8/2024) berlangsung dengan menegangkan namun sukses.

Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Jambi Al Haris. 

Acara diawali dengan penyerahan duplikat sang merah putih kepada perwira upacara. Lalu dilanjutkan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI yang dibacakan oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, pembacaan do'a oleh Kepala Kanwil Kemenag Jambi Zoztafia.

Acara inti pengibaran sang Merah Putih diawali dengan gerak langkah para paskibraka tingkat Provinsi Jambi yang telah dilatih beberapa pekan belakangan. Juga ada pasukan gabungan dari TNI dan Polri didalam barisan.

Penyerahan bagi oleh Inspektur Upacara kepada pembawa bagi lancar tanpa halangan. Gubernur Haris memberikan duplikat merah putih kepada pembawa bagi bernamaAnindya putri yang berasal dari SMAN Titian Teras H. Abdoerrahman Sayoeti.

Sementara bertugas sebagai pengibar bendera M. Andromedha Putra (SMKN 5 Tanjung Jabung Barat). Ferdi agustian 

(SMAN 3 Bungo), serta Afif Muffid Musaddad

(SMAN 1 Bungo). Disinilah terjadi momen menegangkan.

Saat proses pengibaran sempat membuat seisi manusia di lapangan upacara menahan nafas dan terjadi momen menegangkan. Sekilas tampak bendera terlilit tali saat awal penaikkan, namun hebatnya, kondisi itu berhasil diatasi oleh tiga pengibar bendera merah putih.

Adapun bendera merah putih ini sebelumnya diterima oleh Gubernur Al Haris dari BPIP pusat beberapa hari lalu. Bendera ini sama jenisnya seluruh Indonesia. 

Hadir sebagai peserta upacara HUT RI berbagai kesatuan seperti TNI, Polri, OPD, Ormas, dan Siswa SMA sederajat. 

Peserta Paskibraka sendiri telah dilatih dalam pusat pendidikan dan pelatihan selama 2 minggu oleh tim pelatih. Pelatihan berlangsung pada pagi hingga sore dilapangan, serta pemberian materi wawasan kebangsaan pada malam harinya. 

Dimana OPD Pemprov yang beetanggung jawab terkait kegiatan paskibraka ini adalah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi.Yang dipimpin oleh Kepala Bakesbangpol Apani Saharudin, yang didampingi Kepala Bidang Pembudayaan nilai-nilai kebangsaan Amidy, pada Kasubbid Bela Negara Haris Iqbal dan jajaran Bakesbangpol lainnya.(aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: