>

UNJA Jadi Tuan Rumah PEKSIMIDA 2024

UNJA Jadi Tuan Rumah PEKSIMIDA 2024

UNJA Jadi Tuan Rumah PEKSIMIDA 2024--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Provinsi Jambi tahun 2024 dengan tema ‘Merdeka Berprestasi Talenta Seni Menginspirasi’. Acara pembukaan diselenggarakan di Aula Rektorat Lantai III UNJA Mendalo pada Senin, 5 Agustus 2024.

PEKSIMIDA merupakan acara 2 tahunan dengan penyelenggaraan tahun ini merupakan yang ke-17 kalinya. Kegiatan akan berlangsung pada 5 – 9 Agustus 2024. Terdapat 17 kategori lomba yang terbagi dalam lima rumpun, yaitu Monolog, Penulisan Lakon, Baca Puisi, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Vokal Grup, Seriosa, Dangdut, Keroncong, Pop, Desain Poster, Fotografi Hitam Putih, Fotografi Warna, Lukis, Komik Strip, dan Tari.

Acara pembukaan dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua BPSMI Provinsi Jambi yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Fauzi Syam, S.H., M.H. Hadir pula Rektor/Direktur dan Wakil Rektor/Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dari berbagai PTN dan PTS se-Provinsi Jambi.

Selain itu, turut hadir pula Ketua Pelaksana PEKSIMIDA 2024, Indra Gunawan, S.Sn., M.Sn., Dewan Juri, Pengurus BPSMI, Panitia Pelaksana, Koordinator Lomba, Pendamping Peserta PEKSIMIDA, serta puluhan mahasiswa peserta.

Tahun ini, PEKSIMIDA diikuti oleh 10 perguruan tinggi, yaitu UNJA, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, STIKES Baiturrahim Jambi, Universitas Muhammadiyah Jambi, STIKES Harapan Ibu, Politeknik Jambi, Universitas Batanghari, Universitas Muara Bungo, serta Universitas Adiwangsa Jambi. Total peserta yang berpartisipasi mencapai 57 orang.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai persiapan menuju PEKSIMINAS. Perlombaan dimulai pada tanggal 6 Agustus dengan cabang lomba penulisan cerpen, lakon, puisi, baca puisi, monolog, desain poster, lukis, dan komik strip yang diadakan di UIN STS Jambi. Pada tanggal 7 Agustus, dilaksanakan lomba fotografi, menyanyi pop, dangdut, keroncong, seriosa, vokal grup, dan tari di Aula Rektorat UNJA dan Aula Jurusan SeSA FKIP UNJA. Verifikasi pemenang lomba dilakukan pada tanggal 8 Agustus, dan acara penutupan serta pengumuman pemenang lomba akan berlangsung pada tanggal 9 Agustus.

Dalam sambutannya, Dr. Fauzi Syam menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat mereka di bidang kesenian. PEKSIMIDA tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga platform untuk memperlihatkan kreativitas, inovasi, dan karakter mahasiswa.

“Terima kasih kepada seluruh pengurus BPSMI yang mempercayakan UNJA sebagai tempat pembukaan dan nantinya penutupan PEKSIMIDA 2024. Program MBKM mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga menjadi kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter. Mahasiswa tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga kinerja dalam kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk pengembangan soft skill adalah menyalurkan minat dan bakat mahasiswa di bidang kesenian. PEKSIMIDA ke-17 ini bertujuan memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan mereka,” ujarnya.

Dr. Fauzi Syam juga berpesan bahwa siapa pun nanti pemenangnya, bukan lagi mewakili nama kampus, melainkan mewakili Provinsi Jambi di ajang PEKSIMINAS.

Ketua pelaksana, Indra Gunawan, berharap agar minat dan bakat di bidang seni semakin berkembang dalam program PEKSIMIDA ini. “Harapan kami adalah agar minat dan bakat di bidang seni semakin berkembang. Kami berharap perwakilan dari Provinsi Jambi dapat meraih prestasi yang gemilang dan mengharumkan nama daerah kita dalam ajang ini,” ungkapnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: