Urusan Adminduk Lebih Dekat, Dukcapil Kota Jambi Buka Gerai Pelayanan di Danau Sipin dan Alam Barajo

Urusan Adminduk Lebih Dekat, Dukcapil Kota Jambi Buka Gerai Pelayanan di Danau Sipin dan Alam Barajo

Urusan Adminduk Lebih Dekat, Dukcapil Kota Jambi Buka Gerai Pelayanan di Danau Sipin dan Alam Barajo--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Layanan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Dukcapil Kota Jambi terus berbenah. Kini layanan berbasis masyarakat tersebut membuka dua gerai pelayanan baru.

Dengan tujuan untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kependukan, kini telah dibuka gerai pelayanan di Kecamatan Danau Sipin dan Kecamatan Alam Barajo.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jambi, Nirwan Ilyas mengatakan, bahwa gerai pelayanan di Kecamatan Danau Sipin sudah dibuka pada Senin (18/3/2024) lalu, dan gerai pelayanan di Kecamatan Alam Barajo akan dibuka hari ini (Rabu, red).

“Kecamatan Alam Barajo sudah uji coba hari ini (kemarin, red). Besok (hari ini, red) mulai beroperasi,” kata Nirwan Selasa (19/3/2024).

Ia mengungkapan, pada 2024 ini sebenarnya ada 4 gerai pelayanan yang akan dibuka, dua lainnya di Kecamatan Pasar dan Kecamatan Jambi Selatan.

“Tapi ini bertahap. Dua lagi akan menyusul,” ujarnya.

Khusus pada gerai pelyanan Danau Sipin dan Alam Barajo sebut Nirwan, semua kepengurusan adminduk bisa dilakuan, mulai dari perekaman e-KTP, KK, AKTE, IKD hingga pencetakan  KTP.

Tujuan ketersebaran pelayanan ini kata Nirwan, untuk medekatkan jangkauan masyarakat dalam memeperoleh adminduk. 

“Lebih mudah dan lebih cepat urusan masyarakat,” sebutnya.

Kata Nirwan, pelayanan adminduk ini jelas gratis, tidak ada pungutan biaya.  

“Untuk KK dan AKTE kita satu hari sudah wajib siap, sementara untuk e-KTP yang baru rekam data dan merubah data itu butuh waktu dua hari. Yang jelas gratis,” pungkas Nirwan. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: