KPU Bungo Mulai Pleno Hasil Pemilu, Dijadwalkan Selama Tiga Hari

KPU Bungo Mulai Pleno Hasil Pemilu, Dijadwalkan Selama Tiga Hari

KPU Bungo Mulai Pleno Hasil Pemilu, Dijadwalkan Selama Tiga Hari--

MUARA BUNGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bungo mulai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan dan penetapan hasil untuk Pemilu 14 Februari lalu.

Pleno digelar di Hotel Independent, Pasar Muara Bungo dan akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai hari Selasa hingga Kamis (27 - 29) Februari 2024.

Ketua KPU Bungo, Armidis kepada awak media menyampaikan bahwa rapat pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten merupakan jenjang yang dilalui dalam tahapan Pemilu yang dimulai dari TPS, Pleno Kecamatan hingga pleno Kabupaten.

"Tahapan demokrasi ini melibatkan banyak orang, tentu hal ini terdapat kekeliruan yang terjadi karena semua penyelenggara bekerja hampir 24 jam non stop," ujar Armidis, Selasa (27/2/24).

Oleh karena itu Armidis menekankan bahwa kesalahan yang terjadi bisa dilakukan perbaikan melalui forum berjenjang yang telah dilalui, mulai dari TPS, PPK hingga pleno kabupaten.

Atas kesalahan yang terjadi, Armidis meminta maaf kepada peserta Pemilu dan masyarakat Kabupaten Bungo. Namun, ditegaskannya bahwa kesalahan yang terjadi akan menjadi tanggung jawab KPU baik secara prosedural dan hukum sebagai penyelenggara Pemilu untuk perpegang teguh pada prinsip demokrasi.

"Berpegang teguh pada prinsip penyelenggaraan Pemilu, profesional, adil yang merupakan dasar bagi kami untuk menyelenggarakan Pemilu di tingkat Kabupaten," tegasnya.

Ia berharap, selama pelaksanaan Pemilu ini semua tahapan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan bersama.

Untuk diketahui hingga pleno diskor pada sore menjelang magrib tadi, baru tiga kecamatan yang tuntas diplenokan, yakni kecamatan Pelepat, Tanah Sepenggal Lintas dan Bathin II Babeko. Malam ini pleno dilanjutkan untuk kecamatan Rantau Pandan dan Limbur Lubuk Mengkuang.(aes)

Berikut jadwal rapat pleno setiap Kecamatan :

 

Hari Selasa.

1. Pelepat.

2. Tanah Sepenggal Lintas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: