Soal Surat Kementerian ESDM, Bakal Segera Dibalas Gubernur Jambi, Tegaskan Tetap Pakai Jalur Sungai

Soal Surat Kementerian ESDM, Bakal Segera Dibalas Gubernur Jambi, Tegaskan Tetap Pakai Jalur Sungai

Gubernur Jambi Al Haris--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Gubernur Jambi Al Haris menyatakan akan mengirim surat balasan atas permohonan Kementerian ESDM yang meminta mempertimbangkan jalur darat untuk baru bara dibuka.

Intinya tetap akan memaksimalkan jalur sungai sesuai Intruksi nomor 1 tahun 2024.

"Tentu pemerintah akan membalas surat itu ke Pak Menteri ESDM, dan tak ada masalah karena suratnya meminta dipertimbangkan memaksimalkan jalan darat dan jalan air. Dan hari ini jalur air masih jalan, jadi tak ada masalah," ucap Al Haris (1/2/2024).

Dikatakan Haris, jalur air masih tetap digunakan sambil melihat situasi dan kondisi dan mencari format terbaik. "Intinya surat Kementerian tak masalah dan kita akan balas, dan akan kita lampirkan proses (jalur) sungai yang mulai bagus," terang Haris.

Sementara itu, terkait normalisasi sungai karena makin masifnya angkutan tongkang batu bara melalui sungai, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Wilayah Jambi David Partonggo Oloan Marpaung mengatakan, akan melihat detil programnya tahun ini. Yang jelas kata Dia, Sungai Batanghari mempunyai lebar 300 meter. "Kita sudah ada program namun untuk detilnya kita cek dulu, mengenai batu bara ini memang perlu koordinasi karena banyak stakholder terkait, tentu perlu dipikirkan sumber daya air untuk masyarakat," terangnya.

Sementara, terkait tanggapan bahaya lalu lintas jalur air batu bara bagi masyarakat Ia menyatakan banyak stakholder yang terlibat seperti Perhubungan, Ditpolairud dan BWSS sebagai pengelola sungai. "Kami tidak bisa berkomentar secepat itu, kami koordinasi lebih lanjut," sebutnya.

Seperti diketahui, Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM) bersurat ke Gubernur Jambi untuk dapat mempertimbangkan agar aktivitas truk angkutan batu bara dibuka kembali. Hal itu, lantaran Kementerian khawatir penghentian angkutan batu bara berpengaruh terhadap pasokan bagi penyediaan listrik di wilayah Sumatera.

Dalam surat nomor T-169/MB.05/DJB.B/2024 tertanggal 25 Januari 2024 memuat perihal permohonan pendukungan pelaksanaan pengakutan batu bara di Provinsi Jambi.

Surat ini diteken secara elektronik atas nama Plt Dirjen Mineral dan Batubara, Bambang Suswantono.

Dalam surat itu diterangkan bahwa Dirjen Mineral dan batu bara mendukung instruksi gubernur Jambi nomor 1/INGUB/DISHUB/2024 tentang pengaturan aktivitas angkutan batu bara

Pada awal surat diterangkan bahwa Kementrian ESDM mendukung kebijakan itu terutama untuk mendorong pengusaha pertambangan batu bara untuk menyelesaikan jalan khusus. Selain itu juga menjamin distribusi logistik pemilu 2024 berjalan lancar.

Namun diterangkan dalam surat itu bahwa batu bara saat ini masih menjadi komoditas penyokong keberlanjutan pasokan listrik bagi PLN di wilayah Sumatera. Penghentian itu dikhawatirkan dapat berpengaruh bagi pasokan batu bara untuk penyedia listrik di wilayah Sumatera.

Maka dengan itu, ada dua poin yang disampaikan Dirjen Mineral dan Batubara melalui surat itu kepada Gubernur Jambi.

Pertama, agar dapat mempertimbangkan kembali pembukaan pengangkutan batu bara baik jalur sungai dan darat bagi pemilik tambang yang jauh atau tidak berada di lintasan sungai berdasarkan skema manajemen rekayasa lalu lintas yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: