Cara Mengolah Daun Seledri untuk Menangkis Kolesterol

Cara Mengolah Daun Seledri untuk Menangkis Kolesterol

Daun Seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan-Foto: tangkap layar IG @doyansayurfarm dan @ketutarsini-

JAMBIEKSPRES.CO.ID -  Daud seledri baik untuk menangkis kolesterol, mungkin ini adalah kabar lama yang sudah sering kita dengar.

Daud seledri atau juga sering disebut daun sop, memang sering dijadikan bumbu untuk membuat sop.

Namun ternyata, jika dikonsumsi secara rutin, daun seledri juga baik untuk kesehatan khususnya untuk memerangi kolesterol.
 
Hampir semua bagian seledri memiliki manfaat, mulai dari daunnya hingga batangnya.
 
Tak hanya untuk mencegah kolesterol tinggi, daun seledri juga baik untuk hipertensi serta sangat bagus untuk pencernaan karena pada bagian batangnya memiliki banyak serat, demikian ungkapan ahli dari University of Singapore seperti dikutip dari halodoc.com.

Kandungan dan Manfaat Daun Seledri

Daun seledri mengandung metanol dan etanol, itu sebabnya mekonsumsi secara rutin bisa membuat sirkulasi darah meningkat.

Kandungan ini juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada pembuluh darah.

Daun seledri juga mengandung senyawa 3-n-butylphthalide yang bisa membantu memerangi kolesterol jahat.

Kandungan low-density lipoprotein dalam seldri baik untuk aliran darah, membantu sekresi asam empedu atau steroid yang berperan menurunkan kolesterol.

Efek dari senyawa 3-n-butylphthalide juga mengurangi sekresi hormon stres dan melemaskan otot-otot di sekitar pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah.

Seledri juga mengandung nutrisi anti peradangan mirip antioksidan berupa flavonoid dan polifenol.

Berbagai ini membantu tubuh melawan paparan buruk dari radikal bebas dan stres oksidatif. Hal ini mencegah datangnya kanker, penyakit jantung, radang sendi, infeksi ginjal, infeksi hati, asam urat, sindrom iritasi usus besar, serta infeksi saluran kemih.

Cara Mengolah Daun Seledri

Cara yang paling dianjurkan mengkonsumsi daun seledri adalah dengan cara dijus mentah. Meski mencampurnya dengan bumbu sop juga bisa memberi manfaat.

Berikut Cara pengolahannya agar tetap bisa diterima dengan lidah dan tidak bosan.

1. Mix Apel, Wortel, dan Seledri

Siapkan 2 buah wortel, 2 lembar daun seledri, dan 2 buah apel hijau.
Campurkan ketiganya dalam juicer atau blender. Jika masih terasa pahit, dapat menambahkan pemanis alami seperti madu sesuai selera.

2. Mix Apel, Lemon, Paprika, dan Seledri

Siapkan 2 buah apel hijau,  2 lembar daun seledri, 2 buah paprika, dan 1 iris lemon (tidak dikupas). Campur bahan tersebut dan masukkan ke dalam juicer atau blender. Tambahkan madu sebagai pemanisnya.

3. Mix Apel, Seledri, Timun, Jahe, Jeruk Nipis

Sediakan 3 buah apel, 2 buah daun seledri, 1 buah mentimun, 1 buah jahe, dan 1 jeruk nipis. Potong semua bahan tersebut menjadi kecil-kecil, kemudian haluskan semua bahan dalam blender.

Menkonsumsi daun seledri juga bisa dengan cara mencampurkan dalam bumbu sop, hanya saja lebih dianjurkan dijus mentah. Selamat mencoba. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: