RESMI! MAN IC Jambi Buka Seleksi Penerimaan Siswa Baru, Berikut Persyaratannya

 RESMI! MAN IC Jambi Buka Seleksi Penerimaan Siswa Baru, Berikut Persyaratannya

Gedung MAN Insan Cendekia Jambi --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID -MAN Insan Cendekia Jambi resmi membuka pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tahun pelajaran 2024/2025.

Calon pendaftar wajib memahami petunjuk teknis SNPDB agar bisa lolos.

Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan Surat Keputusan Nomor 7021 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025.

Di dalamnya, tertuang tentang persyaratan pendaftar sampai dengan pengumunan hasil SNPDB.

Kepala MAN Insan Cendekia Jambi, Dr. Zakiah menjelaskan, dalam SNPDB tahun 2024 ini, MAN IC Jambi menerima peserta didik dengan kuota 120 orang. Pendaftar dilakukan melalui online pada 08 Januari hingga 17 Februari 2024.

”Kita menerima dua jalur penerimaan yaitu jalur prestasi dan jalur tes. Dengan kuota siswanya sebanyak 60 laki-laki dan 60 perempuan,” ujar Zakiah saat dihubungi kemarin.

Untuk ketentuan pendaftaran sendiri yaitu siswa mendaftar melalui website: https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id dan membuat akun pendaftaran SNPDB MAN-IC dengan menggunakan akun email dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon pendaftar melalui aplikasi yang ditetapkan.

Verifikasi kelengkapan administrasi pendaftaran SNPBD-MANIC dilakukan secara Daring/online, percetakan kartu tes wajib dicetak pendaftar yang dinyatakan lengkap berkasnya, pelaksanaan tes dilakukan ditempat yang ditetapkan Direktorat KSKK Madrasah dan pengumuman kelulusan dapat diakses melalui aplikasi SNPBD-MANIC https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id.

Persyaratan mendaftar adalah tercatat sebagai peserta didik kelas IX/III, berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2024, mendapatkan rekomendasi kolektif sebagai siswa terbaik dari kepala madrasah/sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan.

Mendapatkan surat keteterangan/rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah asal sebagai siswa berprestasi nasional peraih medali emas, perak, perunggu/juara 1, 2, 3 di bidang sains pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, Olimpiade Sains Nasional (OSN), 3 MYRES tingkat nasional, OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tingkat Nasional, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah (Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)), Ajang talenta nasional yang sudah dikurasi oleh kementerian dan atau lembaga resmi terkait, Juara 1, 2, dan 3 Tingkat Nasional pada kegiatan; MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an); MQK (Musabaqah Qira'atil Kutub); Olimpiade Bahasa Arab/Inggris; serta yang memiliki penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti; IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, ISO, IEYI, dan ASPC peraih medali emas, perak, perunggu, atau penghargaan penghormatan (honorable mention)

Lalu pendaftar melakukan input data dan mengunggah dokumen surat rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah asal. Khusus pendaftar Jalur Prestasi melakukan input data tambahan berupa sertifikat/piagam prestasi dan data 2 (dua) pilihan madrasah yang dituju.

Pendaftar memilih MAN Insan Cendekia paling banyak 2 pilihan. Pendaftar mengunggah berkas-berkas yang dipersyaratkan. Pendaftar mencetak Kartu Pendaftaran, jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar sebagai bukti telah terdaftar dalam SNPDB-MANIC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: