MAN IC Jambi Gelar Pelepasan Siswa dan Pengukuhan Alumni Angkatan XIV

MAN IC Jambi Gelar Pelepasan Siswa dan Pengukuhan Alumni Angkatan XIV

MAN IC Jambi Gelar Pelepasan Siswa dan Pengukuhan Alumni Angkatan XIV--

JAMBI, JAMNIEKSPRES.CO.ID-Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) Jambi menggelar Pelepasan 117 Peserta Didik Kelas 12 Tahun Ajaran 2022/2023 dan Pengukuhan Alumni Angkatan XIV serta Khatmul Qur’an pada Selasa (13/06) di aula MAN IC Jambi

Acara ini dihadiri Wakil Gubernur Jambi H. Abdullah Sani, Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI Prof. Dr. Moh. Isom Sauqi, M.Ag, Asisten I Setda Muarojambi, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag, Kakan Kemenag Muarojambi, Kepala MAN IC Jambi beserta civitas akademika dan undangan lainnya.

Dalam arahannya Wakil Gubernur Jambi, H. Abdullah Sani mengatakan, Pemprov Jambi sangat berterima kasih karena sudah ribuan alumni yang diluluskan MAN IC Jambi. Sudah banyak peran yang diambil MAN IC Jambi dalam membangun SDM di Jambi

”Alumni MAN IC Jambi ini adalah alumni yang siap diturunkan ditengah masyarakat. MAN IC Jambi punya ciri khusus dan alumninya memiliki sesuatu pembeda dengan lulus sekolah/madrasah lainnya. Pesan saya agar mereka yang lulus dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk menggapai cita-citanya,” harapnya.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI Prof. Dr. Moh. Isom Sauqi, M.Ag dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan MAN IC Jambi. Apalagi berbagai prestasi sudah ditorehkan siswa  angkatan 14 MAN IC Jambi dalam berbagai ajang lomba yang digelar hingga tingkat Nasional.

”Alhamdulillah berdasarkan data LTMPT berdasarkan UTBK tahun 2022 MAN IC Jambi menjadi nomor 1 di Jambi dan peringkat 37 secara Nasional,” ujar  Prof Isom dalam sambutannya kemarin.

Pihaknya akan terus mendorong madrasah jadi tujuan utama orangtua mendidik anaknya. MAN IC jadi rujukan, terutama bagi orangtua yang ingin anaknya mendapatkan ilmu dan ilmu agama sekaligus, maka pilihannya ada di madrasah.

"Madrasah itu keunggulannya ada dua. Disamping ilmu pengetahuan, juga membekali ilmu agama, dimana semua alumni tahun ini sudah hafal minimal hafal 3 juz. Selain itu selama diasrama siswa juga diajari kebiasaan kegamaan misalnya salat berjamaah, tadarus dan hafalan Alqur’an semuanya adanya ya di madrasah,” bebernya.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Dedi Irama Silalahi dalam sambutannya mengatakan, pihak Kanwil Kemenag berterima kasih kepada orangtua yang sudah menitipkan anaknya di MAN IC Jambi. Pihaknya juga berterima kasih kepada majelis guru karena sudah melahirkan alumni 14 angkatan yang luar biasa.

“Selamat bagi yang sudah diterima diberbagai perguruan tinggi favorit. Bagi yang belum lulus dan menunggu pengumuman bersabarlah, mudah-mudahan semua diterima di perguruan favort yang ada,” ujar Dedi.

Kepala MAN Insan Cendekia Jambi, Dr. Zakiah, ME,Sy dalam sambutannya mengatakan, saat ini MAN IC Jambi rangking pertama sekolah/madrasah terbaik di Jambi dan peringkat 37 secara nasional. Padahal pada tahun 2020 berdasarkan data LTMPT berada diposisi 203 nasional, tahun 2021 berada 147 nasional dan tahun 2022 berada diperingkat 37 nasional.

”Selama kurun waktu 2020-2023 ada 10 siswa MAN IC Jambi yang lulus kampus luar negeri. Selain itu sangat signifikan siswa kita yang lulus di PTN favorit,” ujar Zakiah dalam sambutannya kemarin.

Pada kesempatan itu juga Zakiah mengatakan bahwa selama priode 2020-2023 banyak energi dan air mata yang terkurasi dalam mendidik anak-anak, karena berbarengan adanya Pandemi Covid-19. ” Tapi semua bisa dilalui dengan baik dengan prestasi membanggakan. Selamat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan jaga nama baik almamater,” harapnya. (kta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: