67 Tahun Provinsi Jambi : 'Kendala Mewujudkan Jambi Mantap

   67 Tahun Provinsi Jambi : 'Kendala Mewujudkan Jambi Mantap

Gubernur Jambi Al Haris dengan penulis. foto Ist/je--

Adapun para pejuang yang menjadi pejuang yang memperjuangkan jambi menjadi provinsi adalah antara lain :  H. Hanafi, MT. Hanafiah, Ibrahim, Abdul Hadi, Ibrahim Ripin, Samsue Bahrun, Imran Abdullah, Dll. 

Gubernur pada masa  Provinsi Jambi ada 17 orang

Sejak terbentuknya Provinsi Jambi, pada 6 Januari 1975 Terdapat 17 Gubernur yaitu : M. Joesoef Singedikane (1957-1967), H. Abdul Manap ( Pejabat Gubernur 1967-1968), R. M. Noer Atmadibrata (1968-1974), Djamaluddin Tambunan (1974-1979), Edy Sabara (Pejabat Gubernur 1979), H. Masjchun Sofwan, SH (1979-1989), Drs. H. Abdurrahman Sayoeti (1989-1999), Dr. H. Zulkifli Nurdin, MBA (1999-2005), Dr. Ir. Sudarsono H, SH. MA (Pejabat Gubernur 2005), Dr. H. Zulkifli Nurdin, MBA (Gubernur 2005-2010), Drs. H. Hasan Basri Agus, MM. (Gubernur 2010-2015), H. Zumi Zola Zulkifli, STP, MA (Gubernur 2016-2018), Dr. H. Fachrori Umar, SH, MH. (Plt. Gubernur Tanggal 10 April 2018-12 Pebruari 2019), Dr. H. Fachrori Umar, SH, MH. (Gubernur Tanggal 13 Pebruari 2019-2021), Ir. Restuardy Daud M.Sc (Pjs Gubernur 25 September 2020 s/d 6 Desember 2020), Dr. H. Fachrori Umar, SH. MH. (Gubernur tanggal 6 Desember 2020 s/d 2021), Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH. dan wakil Gubernur Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 Juli di Istana Negara Jakarta, pelantikan Al-Haris dan Abdullah Sani ini tertunda karena adanya gugatan pasangan calon Cek Endra-Ratu Munawaroh ke Mahkamah Konstitusi.

JAMBI MANTAP 

Setiap Gubernur dimasa periodenya tentunya mempunyai program kerja untuk memakmurkan rakyat Jambi, Gubernur Al-Haris dan wakilnya Abdullah Sani mempunyai visi dan misi. 

Visi dan Misi (2021-2026) :

Visi Provinsi Jambi - Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional (MANTAP).

Misi Provinsi Jambi - a. Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan, b. Memantapkan Perekonomian Masyarakat Daerah, c. Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia. 

Adapun Jambi Mantap yaitu Terwujudnya Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional dibawah Ridho ALLAH SWT. Dengan Misi Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan, Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah, Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Jambi yang maju adalah Suatu kondisi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi yang dinamis, produktif, kreatif, inovatif dan berdaya saing berdasarkan kemampuan, keterampilan, keungglan dan ketangguhan yang didukung oleh potensi dan ketersediaan Sumber Daya Manusia yang berorientasi pada pencapaian hasil kinerja yang lebih baik serta terwujudknya pembangunan berkelanjutan yang mampu menyesuaikan perkembangan zaman.

Dengan Latar belakang tersebut Kepala Daerah yang dipimpin oleh Al Haris dan Abdullah Sani membuat visi dan misi Yaitu Jambi Mantap yang artinya Jambi yang aman adalah Tercipta dan terpeliharanya keamanan dalam masyarakat Provinsi Jambi, baik dari gangguan manusia maupun dari gangguan alam, tingkat kriminalitas dan gangguan keamanan menurun, meningkatnya penegakan supremasi hukum, meningkatnya adaptasi terhadap resiko terjadinya bencana alam, serta terwujudnya ketentraman dalam kehidupan masyarakat. 

Jambi yang nyaman adalah Sikap dan kondisi masyarakat Provinsi Jambi yang memiliki harkat kemanusiaan dan harga diri, sehingga berada pada tatanan keselarasan aspek sosial budaya, ekonomi, lingkungan hidup dan tata ruang wilayah.

Diukur dari kondisi yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat, terciptanya hubungan yang kondusif antara pemerintah dengan pelaku usaha dan masyarakat sehingga ramah wisata, tersedianya tempat tinggal yang berkualitas dan terjangkau serta tersedianya lapangan kerja. 

Jambi yang tertib adalah terciptanya kondisi keteraturan dalam tata kehidupan di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang mengedepankan kearifan lokal dan hukum adat.

Jambi yang amanah adalah Membangun kepercayaan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan yang berkeadilan dengan mengedepankan kultur masyarakat Jambi yang religius dan mengayomi seluruh masyarakat yang plural.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: