Mahasiswa Kimia UIN STS Jambi Dalami Analis Instrument, Kunjungi Laboratorium Migas PT. Pertamina

Mahasiswa Kimia UIN STS Jambi Dalami Analis Instrument, Kunjungi Laboratorium Migas PT. Pertamina

Kunjungi Laboratorium Migas PT. Pertamina, Mahasiswa Kimia UIN STS Jambi Dalami Analis Instrument--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN STS Jambi mengadakan kunjungan lapangan ke PT. Pertamina EP Field Jambi, Senin (4/11).

Kunjungan dilakukan dalam rangka  mata kuliah praktikum analisis instrument, dengan fokus utama pada Laboratorium Migas PT. Pertamina yang berperan penting dalam pengujian berbagai sample migas di wilayah Jambi.

Dosen pengampu, Syukrya Ningsih, M.Si, menjelaskan kunjungan ke laboratorium PT. Pertamina Jambi menjadi bagian integral dari perkuliahan praktikum analisis instrument. 

 “Ini merupakan langkah nyata dalam mengaplikasikan teori yang dipelajari di kelas ke dunia industri sebenarnya, terutama untuk analisis fluida ,” ujarnya.

Dijelaskannya, ini bukan pertama kalinya mahasiswa UIN STS Jambi melakukan kunjungan, dimana sebelumnya, mahasiswa prodi kimia UIN STS Jambi juga diterima sebagai mahasiswa magang PT Pertamina. 

Oleh karenanya Manajemen PHR Zona 1 khususnya Pertamina EP Management Jambi Field menyambut baik kegiatan kunjungan industri yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi UIN STS Jambi.

Ia menyatakan bahwa partisipasi mahasiswa dalam kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan praktis, tetapi juga memperkuat hubungan antara dunia pendidikan dan industri.

 “Semoga dengan kunjungan hari ini teman-teman mahasiswa dapat menambah ilmu tentang pengenalan industri hulu migas dan bisa lebih mengenal bagaimana dunia kerja di dalam perusahaan Migas terutama di Pertamina yang ada di Provinsi Jambi”, jelas Hermansyah, Pertamina EP Manager Jambi Field.

M. Thabrani, operator berpengalaman lebih dari 24 tahun di Laboratorium Migas PT. Pertamina, memberikan penjelasan langsung kepada mahasiswa. 

Mereka juga didampingi oleh Desta Pranata, Public Relation Officer Pertamina EP Jambi Field, yang memberikan penjelasan tentang peran Pertamina dalam industri migas. Pada kesempatan ini ia menjelaskan berbagai alat-alat laboratorium yang digunakan dalam proses pengolahan sampel dan cara penggunaannya dan bagaimana cara mengolah dan cara membaca data dari hasil sampel yang telah dianalisis. 

16 Mahasiswa yang mengikuti praktikum ini antusias mendengarkan penjelasan-penjelasan yang disampaikan dan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai peralatan-peralatan yang baru ditemui dan proses pengolahan sampel migas menggunakan peralatan-peralatan tersebut.

Laboratorium PT. Pertamina adalah laboratorium yang cukup bersejarah karena masih terdapat beberapa alat yang sudah ada sejak jaman Belanda dan masih bisa digunakan hingga sekarang.

Dengan demikian, kunjungan ini tidak hanya menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa Prodi Kimia UIN STS Jambi untuk mendalami dunia migas, tetapi juga memperkuat keterkaitan antara perguruan tinggi dan industri, memberikan manfaat ganda bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pembentukan tenaga kerja yang berkualitas di masa depan.

Sebelum memasuki laboratorium, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan dasar tentang HSSE (Health, Safety, Security, and Environment) atau keselamatan kerja yang dijelaskan secara langsung oleh Endi Hamidan. Ia menjelaskan HSSE atau umumnya disebut keselamatan, dan kesehatan kerja merupakan komponen penting dalam dalam organisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: