Ini Tips Aman Berkendara saat Melewati Persimpangan dari Honda Sinsen

Ini Tips Aman Berkendara saat Melewati Persimpangan dari Honda Sinsen

Ini Tips Aman Berkendara saat Melewati Persimpangan dari Honda Sinsen --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Setiap jalan raya biasanya memiliki banyak persimpangan, salah satu yang biasanya dijumpai adalah simpang jalan berbentuk huruf T atau Y yang biasa disebut pertigaan, atau simpang jalan yang berbentuk seperti angka tambah (+) atau biasa disebut perempatan jalan. 

Persimpangan jalan seperti ini banyak ditemui sekitar kita karena merupakan akses masuk atau keluar dari perumahan dan juga pertemuan antara dua jalan atau lebih. Persimpangan 3 atau 4 ada yang memiliki lampu lalu lintas untuk mengatur supaya lebih aman dan lancar, tetapi di daerah kecil atau area pemukiman, persimpangan jalan tersebut biasanya belum tersedia lampu lalu lintas.

Instruktur safety riding PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya mengatakan kelalaian berkendara dipersimpangan jalan biasanya disebabkan karena kondisi penerangan jalan yang kurang memadai, pengendara lain yang tidak hati-hati dan juga terhalang oleh objek lain seperti pohon atau mobil.

Berikut tips aman berkendara ketika melewati persimpangan jalan :

1. Pastikan pandangan untuk selalu melihat kearah yang dituju, agar kita bisa mengkonfirmasi bahwa kondisi jalan didepan kita sudah aman untuk dilewati.

2. Jika melewati persimpangan jalan tanpa adanya lampu lalu lintas, maka kendaraan yang melintas dari jalan yang lebih besar atau berjalan lurus dari jalan utama harus diprioritaskan. “Ini adalah salah satu dari etika saat berkendara” ujar Agung.

3. Nyalakan lampu sign ketika ingin berbelok dipersimpangan atau berpindah jalur agar pengendara didepan ataupun dibelakang kita mengetahui jika kita ingin berbelok atau berpindah jalur.

4. Tidak lupa untuk melakukan 4T (Tengok kiri, Tengok kanan, Tunggu sebentar, dan Tengok kiri lagi) ketika ingin melewati perempatan supaya lebih aman.

Bukan hanya dipersimpangan jalan saja pengendara harus hati-hati saat berkendara, tetapi juga disemua kondisi jalan. Khususnya ketika melewati persimpangan jalan, pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas.

“Itulah tips safety riding untuk pengendara motor saat melewati persimpangan, semoga bermanfaat dan sesuai kampanye keselamatan berkendara sepeda motor Honda, selalu #Cari_aman saat naik motor ya!” tutup Agung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: