Kuliah Tamu Internasional Prodi Biologi FST UIN STS Jambi, Hadirkan Narasumber Dari Jepang dan Denmark

Kuliah Tamu Internasional Prodi Biologi FST UIN STS Jambi, Hadirkan Narasumber Dari Jepang dan Denmark

Plt. Rektor, Prof. Dr. H Rokhmad, M.Ag., membuka kuliah tamu internasional Prodi Biologi FST UIN STS Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Program Studi Biologi Fakultas Sians dan Teknologi (FST) UIN STS Jambi, Selasa (21/11) menggelar kuliah tamu internasional

Kuliah tamu yang dilaksanakan di FST UIN STS Jambi ini menghadirkan narasumber dari Jepang dan Denmark yang hadir secara zoom meeting. 

Kuliah tamu prodi Biologi FST UIN STS Jambi ini mengangkat tema “Indonesian Primates Ecology and Conservation”. 

Dua narasumber internasional yang dihadirkan dalam kuliah tamu prodi Biologi ini adalah Prof. Yamato Tsuji dari Ishinomaki Senshu University, Jepang dan Kurnia Ilham, M.Si., Head of Indonesia Programmes, the long-tailed Macaque Project Copenhagen, Denmark. 


Prodi Biologi FST UIN STS Jambi untuk pertama kalinya gelar kuliah tamu internasional--

"Besar harapan kedepannya Fakultas Sains dan Teknologi dapat membuka lebih banyak kesempatan Kerjasama internasional seputar biodiversitas, ekologi dan konservasi," kata Plt. Rektor, Prof. Dr. H Rokhmad, M.Ag., saat membuka kuliah tamu prodi Biologi FST UIN STS Jambi. 

Ditambahkan, Indonesia merupakan Negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi termasuk satwa primate. Dari sekitar 195 spesies primate yang ada di dunia, 37 diantaranya merupakan spesies endemic di Indonesia yang tersebar di pulau Sumatera dan Kalimantan serta pulau lainnya. 

Kekhawatiran akan kelestarian satwa liar ini menjadi perhatian khusus mengingat berkurangnya habitat alami, penangkapan dan perdagangan illegal menjadi ancaman yang serius. Satwa primate ini memiliki peran yang sangat penting terhadap keseimbangan ekosistem, terutama dalam pemencaran biji untuk menjaga biodiversitas. 

"Dengan adanya kuliah tamu internasional yang diprakarsai oleh Program Studi Biologi, semoga kerjasama ini terus berlanjut dan tidak berhenti sampai disini, terutama dalam aspek penelitian dibidang ekologi dan konservasi," jelas Plt. Rektor UIN STS Jambi. 

Sejalan dengan itu, Dekan FST UIN STS Jambi, Iskandar, S.Ag., M.Pd.M.S.I., M.H., Ph.D., mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan prodi biologi. Bahkan kuliah tamu ini adalah kuliah tamu pertama dan semoga dapat rutin dilaksanakan. 

"Walaupun Prodi Biologi FST UIN STS adalah prodi baru tetapi saya sangat memberikan apresiasi atas berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Seperti kuliah tamu kali ini yang merupakan inisiatif Ketua Prodi Biologi yang memiliki relasi di Denmark dan Jepang sehingga Kuliah Tamu Internasional ini dapat dilaksanakan," jelas Dekan FST UIN STS Jambi. 

Peserta Kuliah Tamu Internasional dihadiri berbagai Intitusi, tidak hanya dari Prodi Biologi namun juga dihadiri oleh Perguruan Tinggi di Indonesia dan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mengingat kuliah tamu internasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Biologi untuk umum, dosen, mahasiswa, dan penggiat biologi dan konservasi.

Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc, ketua Prodi Biologi menjelaskan kegiatan ini sangat penting bagi pengembangan keilmuan program studi biologi, mengingat distingsi keilmuan prodi biologi yaitu biodiversitas, konservasi, dan kearifan local.

"Kuliah tamu internasional ini sangat relevan dengan distingsi keilmuan dari Program Studi Biologi," tegas Ketua Prodi Biologi UIN STS Jambi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: