Modus 5 Pelaku Rekayasa Kredit Pegawai di BRI Sungai Penuh Hingga Ditangkap Polisi

Modus 5 Pelaku Rekayasa Kredit Pegawai di BRI Sungai Penuh Hingga Ditangkap Polisi

Lima pegawai BRI Branch Office Sungai Penuh ditangkap polisi karena merekayasa kredit pinjaman pegawai-Foto: Istimewa-

SUNGAIPENUH, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Moh Harsono, Regional CEO BRI Regional Office Padang akhirnya buka suara terkait kredit pegawai di BRI Sungai Penuh yang direkayasa oknum untuk keuntungan diri sendiri.

Dilansir dari padeks.co, kata Harsono di Padang, modus pelaku adalah mengajukan dan merekayasa pinjaman kredit pegawai sebesar Rp500 juta di BRI Branch Office Sungai Penuh.

Pelaku mengajukan dua pinjaman kredit kredit pegawai, masing-masing sebesar Rp 250 juta. Pinjaman itu dilengkapi pula dengan dua Surat Keputusan (SK) pegawai ASN.

Namun Branch Office Sungai Penuh merasa curiga melihat dokumen pengajuan kredit yang diajukan. Ia melihat ada yang ganjal dan mulai curiga bahwa dokumen itu palsu.

Setelah dicek ternyata benar, SK dan KTP yang digunakan pelaku ternyata palsu. Pelaku diduga memalsukan data SK PNS untuk mendapatkan kredit.

BRI Cabang Sungai Penuh kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Sungai Penuh pada Selasa (21/11/2023).

Sadar perbuatan mereka ketahuan dan dilaporklan ke polisi, 5 pelaku kemudian berusaha kabur dan hendak melarikan diri dari Sungai Penuh ke arah Kabupaten Merangin.

BACA JUGA:25 Tahun Depati Parbo Diasingkan di Ternate di Sana Ia Dianggap Dukun Sakti

BACA JUGA:Launching QRIS BRI di Acara Kenduri Budayo Provinsi Jambi 2023

Satreskrim Polsek Sungai Penuh kemudian langsung berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Kerinci dan Polsek Danau Kerinci untuk menghadang kendaraan Toyota Rush yang digunakan para pelaku untuk kabur.


Nekat Kabur, 5 Pelaku Dugaan Penipuan Pinjaman BRI Rp 500 Juta Diringkus --

BACA JUGA:Punya Rumah Mewah Rp2,5 Miliar Ternyata Begini Modus Kepala BRI Kayu Aro Mencuri Uang Brangkas

Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian SIK MIK melalui Kasi Multimedia Humas didampingi Kasubsi Penmas dan Unit Tipidter Polres Kerinci AIPTU Endriadi, saat dikonfirmasi Jambi Ekspres mengatakan semua pelaku sudah berhasil diamankan.

BRI telah menyerahkan penanganan kasus ini kepada pihak berwajib dan berkomitmen untuk menghormati seluruh proses hukum yang sedang berjalan.

BACA JUGA:Heboh Pegawai BRI di Jambi Korupsi Kupedes Rp 1,2 M, Apa itu Kupedes?

Harsono menegaskan laporan ke pihak berwajib ini adalah bentuk komitmen BRI dalam menerapkan praktik bisnis yang bersih sesuai dengan Good Corporate Governance (GCG).

Harsono juga memberikan apresiasi kepada Polsek Sungai Penuh atas respons cepat dalam menangkap para pelaku.

BACA JUGA:BRI Cabang Rimbo Bujang Gelar Penarik Undian Panen Hadiah SIMPEDES

“Dalam menjalankan operasionalnya, BRI tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Good Corporate Governance dan prudential banking dalam semua aktivitas operasional perbankan,” ujar Harsono.(rel/dpc/hdp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: