Jembatan Gagah Berdiri, 20 Persen Lagi Tol Binjai Pangkalan-Brandan Jadi

Jembatan Gagah Berdiri, 20 Persen Lagi Tol Binjai Pangkalan-Brandan Jadi

Jembatan Sei Wampu merupakan jembatan terpanjang di proyek jalan Tol Trans Sumatera-Foto Tangkap Layar IG @garudainfrastructure-

SUMUT, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Ada dua jembatan di ruas di ruas Tol Binjai - Pangkalan Brandan yang kini telah jadi dan telah gagah berdiri, yaitu Jembatan Sei Batang Serangan dan Jembatan Sei Wampu.

Kelayakan konstruksi keduanya bahkan  telah dilakukan uji laik fungsi.

Jembatan Sei Wampu sempat viral karena ini merupakan jembatan rangka baja terpanjang di Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Jembatan ini berada di Kabupaten Langkat Sumatra Utara. Secara struktur, jembatan Sei Wampu memiliki bentang sepanjang 231 meter.

Unik dan canggih, karena jembatan ini tidak ada pilar di tengahnya, main span sepanjang jembatan 130 meter kokoh berdiri dengan hanya ditopang oleh rangka berwarna merah.

Ini merupakan jembatan tipe continuous truss bridge dan sejak digunakan uji coba Agustus 2023 lalu, jembatan Sei Wampu telah dinobatkan sebagai ikon baru JTTS di Sumatra Utara.

Terkait progress pembangunan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini pun terus menunjukkan peningkatan.

Hingga Agustus 2023 kemarin, progress pembangunan jembatan ini telah mencapai 79,63 persen.

Artinya, tinggal 20 persen atau sekitar 20,3 persen lagi, ruas ini akan nyambung dan siap digunakan.

Adapun menurut keterangan Hutama Karya, Tol Binjai – Pangkalan Brandan memiliki main road dengan panjang 57 km yang dirancang untuk kecepatan kendaraan 100 km/jam.  

"Jika Tol Binjai – Pangkalan Brandan tersambung sepenuhnya, maka waktu perjalanan dari Binjai – Pangkalan Brandan yang semula 90 menit akan terpangkas menjadi 48 menit," jelas Direktur Operasi III PT Hutama Karya Infrastruktur, Selo Tjahjono.

Adapun struktur ruas tol ini, 46,2 Km diantaranya merupakan bagian dari Tol Binjai – Langsa, tol ini memiliki panjang 130,9 Km.

Semua dibangun dalam 2 tahap, tahap pertama Binjai – Stabat dengan panjang 11, 8 KM dan tahap kedua Stabat – Pangkalan Brandan dengan panjangh mencapai 46,2 Km.

Khusus seksi Binjai-Stabat bahkan telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat, 4 Februari 2023.

Tol ini membuat jalur transportasi  Medan Sumatera Utara dengan tujuan Provinsi Aceh semakin dekat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: