Kalau Tol Solo-Yogyakarta Rampung, Orang Surabaya 3.5 Jam Bisa ke DIY Langsung Kuliner Makan Gudeg Yu Djum

Kalau Tol Solo-Yogyakarta Rampung, Orang Surabaya 3.5 Jam Bisa ke DIY Langsung Kuliner Makan Gudeg Yu Djum

Pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo di wilayah Jawa Tengah, saat ini sedang berlangsung-Foto: jatengprov.go.id-

SURABAYA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Jika nanti tol Solo-Yogyakarta rampung, maka akan sangat mudah bagi orang Surabaya berangkat ke Yogyakarta, nyetir happy 3,5 jam sudah bisa langsung makan Gudeg Yu Djum di Daerah Istimewa Yogyakarya (DIY).

Nyetir Happy karena membawa kendaraan dalam kondisi rileks tanpa stres bebas macet naik Jalan Tol Trans Jawa.

Kementerian PUPR kini memang sedang fokus-fokusnya menyelesaikan tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo.
 
Tol ini nanti panjangnya akan mencapai 96,57 Km. Pemerintah telah memperkirakan nilai investasi untuk menyelesaikan tol ini akan mengahbiskan dana sekitar Rp27,48 Triliun.

Jika ingin menempuh perjalanan 3 jaman dari Surabaya ke Yogyakarta, kita bisa mengendarai mobil dengan kecepatan  80 Km hingga 90 km per jam melalui Jalan Tol Trans Jawa.

Kita mulai perjalanan dari Surabaya melalui gerbang tol mana saja melalui beberapa ruas tol trans Jawa.

Pertama melewati Ruas tol Surabaya-Mojokerto sepanjang 36,27 Km, kemudian melanjutkan perjalanan melalui Tol Mojokerto-Kertosono sepanjang 40.5 Km.
 
Lalu perjalanan bisa langsung dilanjutkan melalui Tol Kertosono-Ngawi sepanjang 87,02 km kemudian melaju via Tol Ngawi-Solo sepanjang 90,10 Km.

Sesampai di Solo, tinggal mengarahkan perjalanan ke ruas tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo yang panjangnya mencapai 96,57 Km.

Jika ditotalkan, dari Surabaya ke Yogyakarta akan menempuh perjalanan sepanjang 350,46 Kilometer.

Jika melakukan perjalanan dengan rata-rata kecepatan 80 hingga 100 km per jam, maka dalam waktu 3 hingga 3,5 jam orang Surabaya sudah sampai ke Jogja, tanpa ribet tanpa macet.

Lantas kapan tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo ini rampung? Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan semua sedang dikebut cepat.

Tahun 2024 ditarget PSN tol Solo-Yogyakarta sudah beroperasi dan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat hingga Purwomartani.  

“Karena tol ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” kata Basuki beberapa waktu lalu.

Untuk urusan pembebasan lahan, kata Basuki terus menunjukkan progress. Pembebasan lahan ruas Kartosuro-Klaten bahkan sudah melebihi 95,26 persen sementara konstruksinya telah lebih dari 53,3 persen.

Ruas Klaten-Purwomartani kini progres pengadaan lahannya telah melebihi 79,96 persen dan pekerjaan fisiknya juga telah dimulai, telah lebih dari 2,6 persen.

Kini juga sedang proses konstruksi Seksi 1 Kartasura-Simpang Susun (SS) Purwomartani, yang berada di Kabupaten Sleman. Seksi 1 ini ditarget  selesai pada tahun 2024.  
 
Adapun perusahaan yang terlibat dalam  penyelesaian ruas tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo adalah:

Seksi 1  sepanjang 42,38 km tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo kontraktor PT Jogjasolo Marga Makmur dan dikerjakan dalam dua paket.

Paket 1.1 ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,30 km dan Seksi 1 paket 1.2 ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20,08 km.

Seksi II Purwomartani - Gamping sepanjang 23,42 km yang terbagi menjadi 2 paket, yaitu Paket 2.1 Purwomartani - Monjali sepanjang 9,03 km dan Paket 2.2 Monjali - JC. Sleman sepanjang 6,6 km.

Seksi III Sleman - Purworejo sepanjang 38,59 km.

Jika nanti tol ini selesai, maka akan meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah segitiga emas Joglosemar yaitu Jogja, Solo, dan Semarang.

BACA JUGA:Wow! Akan Ada Terowongan Panjang di Ruas Tol Yogyakarta-Bawen, Ini Lokasinya

Tol Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo juga akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen dan Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang – Solo.

Satu yang akan terdampak juga nanti adalah sektor pariwisata di Yogyakarta. Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo akan mendukung jalur transportasi menuju destinasi Candi Prambanan.

Dan tak kalah penting, nanti tol ini juga akan memangkas waktu akses untuk Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo.

Mau makan Gudeg terkenal di Yogyakarta atau mau sekedar jalan-jalan berwisata, semua bisa, naik tol semua semakin dekat saja. (dpc)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: