Dosen Unaja Gandeng Kelompok Masyarakat Kembangkan Desa Wisata Edukasi di Jambi Seberang

Dosen Unaja Gandeng Kelompok Masyarakat Kembangkan Desa Wisata Edukasi di Jambi Seberang

Foto bersama--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dosen Universitas Adiwangsa Jambi (UNAJA) melaksanakan program pengabdian masyarakat Bersama kelompok sadar wisata Selaras di Kelurahan Mudung Laut. Kegiatan yang berjudul “Pengembangan Desa Wisata Edukasi di Kelurahan Mudung Laut, Pelayangan, Kota Jambi” ini berhasil memenangkan hibah pendanaan dari DRPM RI tahun 2023. Program pengabdian masyarakat tersebut di ketuai oleh Apt. Septa Pratama., S.Farm., M.Sc.T.H yang juga merupakan Kaprodi S1 Farmasi UNAJA, beranggotakan Efandri Agustian, S.E., M.M & Apt. Yuni Andriani, S.Si., M.Si. Kolaborasi lintas jurusan ini diharapkan mampu memberikan dampak yang optimal pada pengembangan desa wisata di Mudung laut.

Apt. Septa, sapaan akrab ketua program ini menjelaskan, bahwa Pengabdian masyarakat ini  dilaksanakan dengan kolaborasi dari berbagai pihak, mulai dari kelurahan, kecamatan, dan juga dinas pariwisata.

"Mitra ini dipilih karena memiliki potensi yang sangat besar, dimana mereka telah memiliki hamparan sawah yang indah, pusat produksi pupuk kompos, dan juga peternakan, sehingga akan sangat saying jika tidak dikembangkan secara optimal," jelas Apt. Septa Senin (14/8).

Apt. Septa menjelaskan, bahwa Program Pengabdian ini dilaksanakan selama 5 bulan terhitung dari bulan Juli sampai dengan Desember 2023 mendatang. Beberapa Kegiatan yang telah dilakukan antara lain yaitu FGD Bersama mitra terkait rencana pengembangan, menata ulang lokasi yang akan dijadikan tempat wisata, dan melakukan workshop tentang potensi dan prospek desa wisata di kota jambi.

“Kegiatan Workshop potensi dan prospek desa wisata di Kota jambi dihadiri oleh anggota kelompok dan juga pemangku kepentingan seperti ketua RT, Lurah, dan Juga Pak Camat. Kegiatan ini di isi oleh narasumber dari kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kota Jambi Bpk. Nanang,” urai Apt. Septa.

“Sebelum penyampaian materi, peserta diminta untuk mengerjakan soal pre-test, yang gunanya untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta tentang desa wisata. Yang kemudian setelah workshop peserta diminta untuk mengisi soal post test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dari peserta” tambah apt. Septa 

Ketua Kelompok Sadar wisata, abrianto menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat dinatikan oleh semua anggota kelompok, sebab selama ini kelompok sadar wisata ini hanya jalan ditempat sebab kurangnya pembinaan, sehingga dengan adanya program dari UNAJA ini tentunya memberikan gairah baru bagi kelompok sadar wisata yang saya pimpin.

Kemudian bapak camat pelayangan, Syofyan, SE menyambut baik kegiatan ini dan siap mendukung penuh pengembangan desa wisata di mudung laut serta akan mengalokasikan dana kecamatan serta meminta lurah untuk mengalokasikan juga dana pembangunan di lokasi desa wisata ini.

“Dalam waktu dekat ini,  kami akan melakukan komunikasi dengan dinas pekerjaan umum agar jalan menuju desa wisata segera dibangun agar mempermudah akses menuju lokasi, kemudian kami juga akan membantu untuk mendapatkan bantuan dana CSR dari perusahaan yang ada di wilayah kecamatan pelayangan,” tegas Pak camat. 

“Setelah kegiatan ini, kami akan melanjutkan program dengan melakukan pelatihan sumberdaya manusia dengan membentuk manajelem desa wisata, melatih tim guide dan instruktur. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan spot foto serta melakukan pemasaran melalui website dan media sosial lain agar masyarakat jambi mengetahui keberadaan desa wisata di jambi sebrang," pungkas Apt. Septa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: