Hati-hati di Jalan, Orang Lampung Bisa ke Singapura Jalur Darat Tancap Gas 80 Km Per Jam Via Tol Betung-Jambi

Hati-hati di Jalan, Orang Lampung Bisa ke Singapura Jalur Darat Tancap Gas 80 Km Per Jam Via Tol Betung-Jambi

Lampung Singapura semakin dekat dengan naik Jalan Tol Trans Sumatera ruas Tol Betung-Jambi-Foto: Tangkap Layar Google Map-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kata penyanyi Tulus, Hati-hati di Jalan, karena apa? karena jika Tol Betung-Jambi rampung sesuai rencana tahun 2024, maka orang Lampung sudah bisa ke Singapura jalur darat tancap gas dengan kecepatan 80 Kilometer (Km) per jam, tak perlu lagi naik pesawat. 

Jambi Ekspres akan membuat ittinerari perjalanan dari Lampung ke Singapura jalur darat. Tentu saja ini berdasarkan pengalaman tim Jambi Ekspres langsung, merasakan ke Singapura via Jambi Kuala Tungkal, tak perlu naik pesawat.

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Jambi punya jarak yang sangat dekat dengan negara tetangga Singapura.

Akan seru sekali. Mari kita coba perjalanan dari Lampung jalan-jalan ke Singapura naik tol Betung – Jambi ya..

Kita mulai perjalanan dari Kota Lampung,  dari sini kita bersiap menuju Palembang melalui Tol Bakeuheni-Palembang, terserah nanti dari Lampung masuk dari exit tol yang mana.

Panjang tol ini sekitar 330 Kilometer. Jika dihitung kecepatan rata-rata 80 km per jam berarti hanya 4,5 jam, anggap 5 jam termasuk istirahat di rest area.

Kemudian, lanjut tol Palembang-Betung sepanjang 111,7. Sekali lagi, hati-hati di Jalan, tak perlu ngebut ambil saja kecepatan standar maka 1,5 jam akan sampai kendaraan kita ke Betung.

Dari Betung, akan ada suasana baru, ini merupakan tol paling segar karena sekarang sedang dikerjakan di Sumsel oleh Hutama Karya, tengah dikebut katanya.

Tol Betung-Mestong-Jambi nanti panjangnya sekitar 169 kilometer. Tak pakai lama, hanya 2,5 jam sampai juga di Jambi.

Kalau warga Lampung penasaran dengan Kota Jambi bisa mampir sebentar di Kota Jambi, foto-foto dulu di ikon Jambi, Jembatan Gentala Arasy, cantik jembatan ini, karena ini merupakan jembatan lengkung terpanjang di Sumatera, panjangnya 500 meter, indah untuk foto, itung-itung menambah koleksi upload di sosmed.

Oh iya, jarak Jambi dan Singapura itu sangatlah dekat, melihat dari peta jarak lurusnya paling hanya 329 kilometer. Ya kurang lebih sepanjang Tol Lampung-Palembang.

Sekarang mari kita lanjutkan perjalanan menuju Tol Jambi-Rengat, tapi kita tak perlu ke Rengat, nanti keluar saja di exit Tol Bukit Cinto Kenang, masih di wilayah Jambi. Dari sini kita melanjutkan perjalanan melalui jalan provinsi ke Kuala Tungkal.

Kalau pun Tol Jambi-Rengat belum rampung, perjalanan ke Kuala Tungkal dari Kota Jambi juga bisa dilakukan melalui jalan lintas Sumatera, juga tak terlalu jauh kok, jadi mungkin waktu tempuhnya akan sama saja untuk sampai ke Kuala Tungkal.

Kuala Tungkal merupakan pusat Kabupaten Tanjab Barat di Provinsi Jambi. Jaraknya hanya 125 kilometer atau 2,5 jam perjalanan dari pusat Kota Jambi.

Sampai di Kuala Tungkal kita bisa langsung menuju Pelabuhan Roro. Di sini lah kita akan memulai perjalanan melalui jalur sungai untuk menuju Kota Batam.

Jika ingin membawa serta mobil ke Batam, bisa naik kapal KMP dengan lama perjalanan 17 jam, namun kali ini kita memilih jalur cepat saja, hanya 6-7 jam perjalanan dengan naik kapal speed ferry.

Mobil bisa dititip saja di Kuala Tungkal, tempat keluarga atau di area sekitar pelabuhan.

Tak perlu lama-lama, perjalanan dari Kuala Tungkal ke Telaga Punggur Batam membutuhkan waktu sekitar 7 jam dengan speed ferry melalui jarak tempuh sekitar 225 Kilometer.

Selama perjalanan kita bisa pula menikmati pemandangan menarik karena akan melewati beberapa daerah kepulauan yang ada di pinggir sungai, dari Jambi hingga Kepri.

Setelah 7 jam perjalanan dan istirahat, akhirnya sampai juga di Pulau Batam. Tinggal selangkah lagi anda akan sampai ke Singapura.

Di sinilah, Anda melanjutkan perjalanan menyebrang ke Singapura, ingat, paspor jangan sampai ketinggalan di Lampung, bisa berabe nanti.

Saatnya naik kapal speed ferry sekitar 1 jam atau 2 jam termasuk proses beli tiket check in dan lain-lain.

Jika dirangkum, waktu perjalanan yang dibutuhkan dari Lampung ke Singapura adalah sebagai berikut :

1.    Tol Bakeuheni - Palembang : 4,5 jam
2.    Tol Palembang-Betung: 1,5 Jam
3.    Tol Betung-Mestong-Jambi: 2,5 Jam
4.    Tol Jambi-Rengat (Keluar Exit Bukit Cinto Kenang Jambi) : 30 Menit
5.    Jambi – Kuala Tungkal : 2,5 Jam (Jalan Provinsi)
6.    Kuala Tungkal - Batam : 6 jam (Speed Ferry)
7.    Batam - Singapura : 2  jam

Asumsinya, jika berangkat dari Lampung Sabtu dini hari pukul 01:00 maka sabtu malam alias malam minggu anda sudah sampai di Singapura sekitar pukul 21:00,

Akhirnya, selesai juga perjalanan, Selamat datang di Singapura!

BACA JUGA:Orang Lampung Bisa Berobat ke RS Melaka Malaysia Jalur Darat Berangkat Sabtu Via JTTS Minggu Sampai

BACA JUGA:Orang Jakarta Bisa ke Malaysia Jalur Darat Via Jalan Tol Trans Sumatera, Jumat Berangkat Sabtu Sudah di Malaka

Tapi jangan juga memaksa diri, jika ingin perjalanan rileks, bisa pula menginap di Batam semalam.

Sabtu pukul 13:00 siang saat sampai di Batam dari Lampung, bisa langsung cari hotel, mandi, istirahat, lalu jalan-jalan sebentar di Kota Batam.

BACA JUGA:Pengungkap Kejahatan Ferdy Sambo Dilantik Jadi Dekan Fakultas Kedokteran UNP

Bisa mengunjungi Jembatan Barelang Batam, Museum Ali Haji, Alun-alun Dataran Engku Putri dan lainnya, lumayan, bertambah lagi koleksi foto untuk diupload di sosial media.

Jangan lupa kenyang-kenyang makan seafood di Batam. Karena kalau makan seafood di Singapura, itu akan mahal sekali.

Istirahat semalam, besok subuh bisa langsung siap-siap menyebrang ke Singapura melalui Pelabuhan Batam Centre. Sekali lagi ingat, paspor jangan sampai ketinggalan di Lampung.

Sampai di Singapura jangan sampai lupa pulang ke Lampung, biaya hidup di singapura sangatlah mahal.

BACA JUGA:Zidan Pernah Pamer iPhone dan MacBook Sebelum Dibunuh Seniornya di UI, ‘Kini Aku Kehilangan Dirimu’

BACA JUGA:Zidan yang Tewas di Tangan Seniornya di UI Anak ‘Lucky’ Lulus Prodi Langka Hanya 2 di Indonesia


Pulang dari Sungapura via Batam, tinggal pilih nanti, ingin pulang kembali jalur darat, atau naik pesawat dari Batam-Jakarta-Lampung karena pesawat langsung Batam ke Lampung sejauh ini belum dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: