Parade Songket dan Batik Turut Meriahkan Festival Batanghari

Parade Songket dan Batik Turut Meriahkan Festival Batanghari

Parade Songket dan Batik Turut Meriahkan Festival Batanghari --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Siginjei Provinsi Jambi turut berpartisipasi meramaikan kegiatan Festival Batanghari dengan menampilkan Parade Songket dan Batik Jambi. Kegiatan tersebut berlangsung saat pembukaan Festival Batanghari yang dilaksanakan di RTH Puteri Pinang Masak pada Jumat (21/8).

Parade Songket dan Batik Jambi sudah menjadi acara rutin setiap tahunnya saat pelaksanaan Festival Batanghari. Dimana tahun 2023 ini Festival Batanghari berlangsung selama lima hari yaitu dari tanggal 21 - 25 yang akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti Lomba Seni Tari, Pemilihan Duta Songket, hingga Parade Songket dan Batik Jambi.

Khusus Parade Songket dan Batik Jambi diikuti oleh OPD Kabupaten/kota se Provinsi Jambi, Kantor Swasta, hingga komunitas sebanyak 500 orang peserta yang menpilkan kreasi batik yang berbeda-beda. Bagi peserta yang menampilkan parade terbaik diberikan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan. Adapun para pemenang yaitu Juara 1 dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Juara 2 dari OJK, Juara 3 dari Disperindag. Harapan 1 dari Yayasan Argadia, Harapan 2 dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan serta Harapan 3 dari HPMJ (Himpunan Perempuan Melayu Jambi).

Ketua TP PKK Provinsi, Hj. Hesnidar Al Haris mengatakan, batik Jambi sebenarnya sudah banyak dikenal, hal ini menandakan bahwa kwalitas batik Jambi sudah sangat bagus dan semakin dikenal. Melalui acara seperti ini dimaksudkan untuk meningkatkan geliat ekonomi bagi para perajin batik. "Agar masyarakat Jambi semakin cinta dengan batik dan tenun Jambi, dapat selalu menggunakan batik dalam keseharian, sehingga dapat berdampak pada perekonomian para perajin batik," katanya.

Melalui parade Songket dan Batik Jambi dapat terus menghidupkan kreasi seni daerah Jambi dengan memamerkan keindahan kain tradisional khas daerah. Harapannya dapat terus memopulerkan Songket dan Batik Jambi.

Sementara itu, Kepala Museum Siginjei, Ervin Apriyanti, mengatakan Museum Siginjei selalu turut memeriahkan kegiatan Festival Batanghari setiap tahunnya dengan menampilkan parade kesenian Jambi. Tahun ini Museum Siginjei menampilkan Parade Songket dan Batik Jambi, dimungkinkan tahun depan akan ada parade kesenian dari Museum Siginjei. "Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, harapannya kesenian daerah Jambi dapat semakin membaik setiap tahunnya, dan terus diperkenalkan melalui event seperti Festival Batanghari ini," imbuhnya. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: