HKI Bangun Jembatan Sungai Pertama di Ruas Tol Sumbar, Ngeri Banyak Buayanya

HKI Bangun Jembatan Sungai Pertama di Ruas Tol Sumbar, Ngeri Banyak Buayanya

Jembatan sungai pertama Tol Sumbar mulai dibangun di Padang Pariaman-Foto: Tangkap Layar Youtube Minang Yes-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Hutama Karya Infrastruktur atau HKI membangun jembatan sungai pertama di ruas tol Sumbar.

Pembangunan jembatan di jalur Tol Padang-Sicincin ini telah masuk dalam tahap konstruksi.

Mengutip dari keterangan Hutama Karya Infrastruktur (HKI), Tol Padang-Sicincin nantinya akan memiliki 24 jembatan. 3 atau 4 diantaranya adalah jembatan yang akan menyeberangi beberapa sungai.

Jembatan sungai Tol Sumbar seksi Padang-Sicincin ini diantaranya berada di STA 7 Korong Kayu, STA 13 Nagari Buayan Batang Anai, STA 15+800 di Sikabu dan STA 29 di Sicincin.

BACA JUGA:Sebelum Malam Takbiran 2024 Tol Padang-Sicincin Clear, Gubernur Sumbar Bertemu JICA

BACA JUGA:TENG! BBM Pertamax Green Meluncur Akhir Juli, ESDM Tetapkan Spesifikasi BBM Baru Campuran Bioetanol

Jembatan sungai perdana Tol Sumbar yang kini sedang dibangun HKI berada di STA 7 Padang-Sicincin, tepatnya di Kawasan Korong Kayu Kapur Kec. Batang Anai Kab. Padang Pariaman.


Jembatan sungai pertama Tol Sumbar-Foto: Tangkap Layar Youtube Minang Yes-

Melihat progres di lokasi melalui kanal Youtube Minang Yes yang diupload 8 Juli 2023, terlihat pondasi jembatan telah mulai dikerjakan.

Tampak kontruksi jembatan menggunakan girder atau selasar. Konstruksi girder juga digunakan di proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lainnya, alasannya karena jembatan ini praktis dan kokoh.

Di lokasi jembatan sungai pertama Tol Padang-Sicincin ini juga terlihat beberapa alat berat dan kendaraan proyek berada di lokasi, termasuk crane.

Terlihat pipa baja diameter besar juga banyak di lokasi jembatan. “Karena ini masih pagi jadi tidak ada pekerja di lokasi, masih jam 07:00 pagi,” ujar yotuber Minang Yes.


Lokasi jembatan berada di STA 7, tak jauh dari underpass di STA 6+200 Tol Padang-Sicincin-Foto: Tangkap Layar Youtube Minang Yes-

Jembatan ini nantinya akan menyeberangi sungai bernama Sungai Batang Anai Korong Kayu Kapur.

Ada yang menarik di sungai yang diseberangi jembatan, menurut informasi dari masyarakat sekitar jembatan, sungai yang airnya sangat tenang itu ternyata cukup ngeri banyak buaya. “Iya menurut warga, di sini banyak buayanya,” ujar admin Youtube Minang Yes.

BACA JUGA:Tol Sumbar Kembali Belah Sungai Batang Anai, Jembatan Dikebut HKI Biar Padang-Sicincin 'Bakonco Arek'

Jalan tol Padang-Sicincin merupakan bagian dari Jalan Tol Bukittinggi-Padang, yang mulai dibangun pada 20 Desember 2018.

Memiliki main road sepanjang 36km, jalan tol ini memiliki 3 gerbang tol, 24 jembatan, dan direncanakan memiliki 1 rest area.

BACA JUGA:100 Tahun Lalu Jepang Diam-diam Gali Lobang di Gunung Pangilun, Sekarang Bersiap Gali Terowongan Tol Sumbar

BACA JUGA:Setelah 81 Tahun Jepang Datang Lagi ke Sumbar, Tujuannya Sama: Menggali Terowongan, Bedanya..

BACA JUGA:Sumsel Digadang-gadang Bakal Punya Terowongan Bawah Sungai Musi Ganti Jembatan, Di Sini Posisinya

Dikebut Siang dan Malam

Siang malam kerja tak ada tanggal merah, demi merampungkan pekerjaan jalan tol Sumbar Padang-Sicincin agar bisa digunakan di momen libur Lebaran tahun 2024 mendatang.
 
Demikian dikatakan Project Director Ruas Jalan Tol Padang-Sicincin Sri Hastuti Hardiningsih saat bersama Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy ketika meninjau sekaligus menyusuri lokasi konstruksi jalan tol ruas Padang-Sicincin baru-baru ini.
 
“Full tujuh hari, 24 jam, satu minggu kalender hitam semua,” ujar Sri Hastuti Hardiningsih. Pekerja yang terlibat dalam pembangunan jalan tol ini kata Sri Hastuti lembur demi bisa menyelesaikan jalan tol Padang-Sicincin ini sesuai rencana.
 
Meski harus lembur, Hutama Karya tetap memperhatikan unsur Kesehatan Keselamatan Kerja (K3), sebagaimana diatur dalam Undang Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Sementara itu, Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro mengatakan bahwa pembangunan Jalan Tol Padang - Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang signifikan.

Saat ini progres pembangunan Tol Sumbar Padang-Sicincin sepanjang 36,6 Kilometer ini progres konstruksi mengalami kemajuan melebihi 36,57 persen.

BACA JUGA:Tol Sumbar Kembali Belah Sungai Batang Anai, Jembatan Dikebut HKI Biar Padang-Sicincin 'Bakonco Arek'

BACA JUGA:Digali Pakai Bor Raksasa, Terowongan Tol Sumbar Adopsi Teknologi Canggih Mirip MRT Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: