Sebelum Malam Takbiran 2024 Tol Padang-Sicincin Clear, Gubernur Sumbar Bertemu JICA

Sebelum Malam Takbiran 2024 Tol Padang-Sicincin Clear, Gubernur Sumbar Bertemu JICA

Tol Padang Sicincin terus dikebut penyelesaiannnya-Foto: Tangkap Layar Youtube Sahabat Tama member of Hutama Karya-

SUMBAR, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Gubernur SUMBAR, Mahyeldi Ansharullah atau akrab dipanggil Buya mengatakan, sebelum Hari Raya Idul Fitri 2024 Tol Padang-Sicincin clear. Artinya sebelum malam takbiran 2024 jalan sepanjang 36,6 kilometer sudah clear alias rampung.

Setelah menunggu 6 tahun lamanya, sejak mulai dibangun tahun 2018 lalu, ruas Tol Padang-Pekanbaru seksi Padang-Sicincin ditargetkan rampung dan beroperasi sebelum Lebaran 2024

Dilansir dari Padang Ekspres, Gubernur SUMBAR mengatakan bahwa Tol Padang-Sicincin sebelum Lebaran memang ditargetkan pihak pengembang yaitu Hutama Karya (HK) melalui Hutama Karya Infrastruktur (HKI), akan rampung dan sudah bisa digunakan oleh masyarakat SUMBAR.

Hal ini disampaikan Buya saat pertemuan Kelompok Kerja Nasional Posyandu di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Senin (24/7/2023).

Sehingga selama momen lebaran 2024, tol ini sudah bisa difungsikan, gerbang sudah dibuka,  dan kendaraan sudah bisa lalu lalang melakukan perjalanan dari Kota Padang ke Sicincin dan sebaliknya, dengan waktu tempuh tak sampai 1 jam perjalanan.

Lantas bagaimana dengan lanjutan Tol Padang-Sicincin? Buya juga optimis semua bisa berjalan sesuai rencana.

Terlebih lagi, pihak investor Jepang melalui JICA Japan International Cooperation Agency juga telah datang dan melakukan pertemuann dengan pemerintah daerah di SUMBAR terkait rencana mereka berinvestasi di seksi Tol Pangkalan-Payakumbuh.

Buya mengaku ia telah bertemu dengan pihak JICA membahas keseriusan mereka melanjutkan rencana investasinya di SUMBAR.

Setelah itu kemudian JICA juga bertemu langsung dengan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo pada 10 Juli 2023 lalu.

Dalam pertemuan itu kata Buya, membahas soal lanjutan Tol Padang-Pekanbaru khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota.
 
Pihak JICA bahkan sudah ke lapangan dan melakukan rapat pembahasan kesiapan pembangunan jalan tol dan konstruksi terowongan baru pada rencana ruas Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan Paket 2 dan Paket 3.

BACA JUGA:Indak Taraso Tol Padang-Sicincin Mulai Salib Sungai Batang Anai

BACA JUGA:100 Tahun Lalu Jepang Diam-diam Gali Lobang di Gunung Pangilun, Sekarang Bersiap Gali Terowongan Tol Sumbar

BACA JUGA:Setelah 81 Tahun Jepang Datang Lagi ke Sumbar, Tujuannya Sama: Menggali Terowongan, Bedanya..

Konstruksi Terus Berprogres

Progres Tol sumbar yaitu Tol Padang-Sicincin pun terus naik, PT Hutama Karya (Persero) memastikan ruas tol sepanjang 36,6 km ini siap digunakan Juni 2024.

Tak hanya Tol Padang-Sicincin, Hutama Karya juga terus mengejar pembangunan Tol Bangkinang-Koto Kampar agar bisa selesai sesuai rencana yaitu akhir 2023 ini.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, dalam keterangannya resminya mengatakan pembangunan ruas tol Padang-Pekanbaru dibagi menjadi enam seksi.

Seksi Pekanbaru-Bangkinang telah duluan dioperasikan sejak September 2022 dan diresmikan Presiden Jokowi Januari 2023.

Sementara itu Seksi Padang-Sicincin kini pergerakan konstruksinya terus melaju. HK melalui anak usahanya Hutama Karya Infrastruktur bahkan memberlakukan kerja siang dan malam untuk mengejar penuntasan jalan tol ini.

Progres pembebasan lahan Tol Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km ini hingga Juni 2023, menurut Pemprov Sumbar juga telah hampir clear 95 persen dan kini tinggal PR membebaskan sisanya yaitu 5 persen lagi.

Kata Koentjoro konstruksi Tol Padang-Sicincin juga telah mengalami kemajuan melebihi 36,57 persen.

Di sisi lain, konstruksi jalan tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 km telah melebihi 75,13 persen untuk pengerjaan konstruksi dan untuk pengadaan lahannya telah melebihi 90,72 persen

Tol Bangkinang-Koto Kampar ini dilengkapi sejumlah fasilitas struktur, seperti 13 boks underpass, sembilan boks pedestrian, tujuh main bridge, empat overpass, dan satu barrier gate, dan 2x2 jumlah lajur dengan kecepatan rencana mencapai 80 km/jam.

Pemerintah Riau pun terus mendukung tol ini segera rampung agar Jalan Tol Trans Sumatera bisa terkoneksi secara utuh di wilayah Riau.

Adapun tiga seksi Tol Padang-Pekanbaru lainnya yaitu seksi Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, dan Payakumbuh-Koto Kampar akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan JTTS.

Terkait dengan proses pembebesan lahan yang mengalami beberapa kendala cukup di wilayah Sumbar, kata Koentjoro akselerasi progres pengadaan lahan khususnya di jalan tol Seksi Padang-Sicincin dilakukan dengan sejumlah strategi.

Strategi itu seperti berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah, Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai Panitia Pengadaan Tanah (P2T), dan Tim Percepatan yang diketuai oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, serta stakeholder lainya terkait dengan percepatan pengadaan tanah di lokasi-lokasi prioritas untuk dikerjakan,” jelasnya lagi.

Lahan ruas Tol Padang-Sicincin sebenarnya selangkah lagi akan tersambung utuh menyusul telah rampungnya penetapan lokasi (penlok) yang dilakukan Pemerintah Sumatera Barat.

Dari tiga penlok ruas Tol Padang-Sicincin, memang tinggal satu lagi yang belum rampung dan ini masih proses penyelesaian.

Demikian dikatakan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto saat mengunjungi lokasi pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin pada Selasa (12/6) dikutip Jambi Ekspres dari padek.co.

Satu penlok yang belum selesai itu kata Hadi Tjahjanto berada di lokasi exit tol Lubuk Alung. Pihaknya juga masih menunggu penetapan lokasi dari pemerintah daerah Sumbar.

Apabila telah ditetapkan oleh pemerintah daerah maka langkah berikutnya Kementerian ATR/BPN baru bisa melakukan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol.

Adapun ruas tol Padang-Sicincin ini panjang totalnya mencapai 36,6 Kilometer. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: