Sumsel Digadang-gadang Bakal Punya Terowongan Bawah Sungai Musi Ganti Jembatan, Di Sini Posisinya

Sumsel Digadang-gadang Bakal Punya Terowongan Bawah Sungai Musi Ganti Jembatan, Di Sini Posisinya

Ilustrasi pembangunan terowongan bawah air-Foto: Tangkap Layar Youtube Marti Group-

SUMSEL, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sumatera Selatan (SUMSEL) digadang-gadang bakal punya terowongan bawah Sungai Musi sebagai pengganti jembatan.

terowongan Sungai Musi ini dibangun agar aktivitas pelayaran yang melewati Sungai Musi tidak terganggu.

terowongan Sungai Musi ini rencananya akan jadi pengganti jembatan yang berfungsi untuk mengurai arus lalu lintas di Palembang yang sangat padat.

Adapun rencana terowongan Sungai Musi ini pertamakali dibocorkan oleh Agus Syaiful Anwar di Palembang beberapa waktu lalu.

Kepada media Agus mengatakan, melihat kondisi Sungai Musi yang lebar dan jalur lalu lintas sungainya yang padat, maka terowongan akan menjadi opsi yang terbaik.

Alasan ini terkait pula dengan anggaran. Membuat akses terowongan bawah sungai akan lebih murah dibanding membangun jembatan, jembatan juga memiliki resiko menganggu lalu lintas di permukaan Sungai Musi.

Diperkirakan terowongan ini akan bernilai investasi Rp5 Triliun, sementara untuk jembatan, biaya yang dibutuhkan akan lebih besar lagi.

Ide membuat terowongan bawah Sungai Musi ini, juga diakui Agus karena pemerintah Kota Palembang sangat ingin memiliki konstruksi terowongan bawah sungai, hal ini katanya juga pernah diungkapkan oleh Walikota Palembang Harnojoyo.

Hanya saja, apakah terowongan ini jadi dibangun dan kapan mulai dibangun, memang belum ada informasi konkritnya.

Sebenarnya SUMSEL punya terowongan bawah sungai bukanlah sekedar mimpi kosong, pemerintah melalui Kementerian PUPR kata Agus  telah melakukan serangkaian studi kelayakan.

terowongan bawah Sungai Musi nantinya akan jadi penyebrangan pengganti Jembatan Musi III.

Dimana letak posisinya? terowongan penyebrangan Musi III ini akan membelah bawah tanah dari Hulu ke Hilir, di kawasan Pulau Kemaro yang akan menyeberangi bawah Sungai Gerong (Pertamina) Plaju.

Jika terowongan ini jadi, maka Kota Palembang akan memiliki tiga tambahan jalur penyeberangan Sungai Musi.

Pertama adalah jembatan Sungai Musi VI, Jembatan Sungai Musi V yang kini sedang dibangun merupakan jalur Tol Kapal Betung dan Jembatan Sungai Musi III yang sedang direncanakan dalam bentuk terowongan.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo kepada media mengatakan, pemerintah sangat mendukung pembangunan penyeberangan Sungai Musi yang ada di wilayah Kota Palembang.

Bertambahnya jembatan maupun terowongan, akan menjadi jalan keluar terbaik untuk mengurai kemacetan di Kota Pelembang.

Makin banyak akses penyebarangan maka akan jadi berkurang kemacetan dan itu akan berdampak besar terhadap perkembangan ekonomi setempat.

Harnojoyo mengaku memang tidak mudah mewujudkan pembangunan jembatan karena biayanya sangat mahal dengan kondisi Sungai Musi yang besar dan lebar, namun Pemkot akan mendukung paling depan agar rencana itu bisa terwujud.

Dukungan Pemkot itu katanya adalah dalam urusan pembebasan lahan.

Sejauh ini, Palembang memiliki beberapa akses penyeberangan Sungai Musi yang sudah bisa digunakan.

Diantaranya Jembatan Ampera, Jembatan Musi II dan Duplikat Musi II dan Jembatan Musi IV
Sementara dalam tahap pembangunan ada jembatan Sungai Musi V yang merupakan bagian dari akses Tol Kapal Betung dan kini masih tahap konstruksi.

Jembatan tol ini progresnya telah memasuki pile salb, dimana pembangunan jembatan terlihat sudah dilakukan di atas permukaan berair di tepian Sungai Musi.

BACA JUGA:Jembatan Sungai Pertama Tol Sumbar Mulai Dibangun, Ngeri Banyak Buaya

Beberapa kolom jembatan juga terlihat telah berdiri kokoh, dalam video tampak tinggal konstruksi bentang tengah jembatan yang belum tersambung, sedangkan pada bagian kedua sisi pinggir sungai terlihat sudah dikerjakan.

Direktur Teknik dan Operasi PT Waskita Sriwijaya Tol, Sudirman kepada media beberapa waktu lalu mengatakan, pengerjaan Jembatan Musi V ini menyisakan bagian tengah sekitar 500 hingga 600 meter lagi.

Adapun total Panjang bentang jembatan Tol Musi 5 ini mencapai 1,7 Kilometer.

Dan terakhir, akses penyeberangan yang akan nambnah adalah jembatan Musi III yang digadang-gadang akan dibangun dalam bentuk terowongan. Apakah ini akan terwujud? Kita tunggu saja. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: