Ada 5 Terowongan Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai, Berikut Tempatnya

Ada 5 Terowongan Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai, Berikut Tempatnya

Gerbang Tol Dumai--

“Lokasi Rest Area menjadi bagian penting bagi kehidupan UMKM yang harus diperhatikan karena kehadiran UMKM juga diharapkan dapat memberikan dampak salah satunya aspek ekonomi bagi masyarakat sekitar. Rest Area menjadi destinasi menarik bagi pengguna jalan tol dengan menambahkan musik atau hiburan lainnya dengan berekerjasama dengan dinas Pariwisata setempat karena musik juga dapat mempunyai dampak perekonomian.” ujar Yuana. 

Ranto Parlindungan Rajagukguk selaku Anggota Sekretariat Pelaksana menambahkan bahwa komposisi toilet di Rest Area harus berbanding 1 toilet pria : 2 toilet wanita, toilet juga diharuskan dijaga kebersihannya agar memberikan rasa nyaman bagi para pengguna jalan tol.

Rest area juga harus ramah anak-anak dengan menyedikan urinor khusus dan wastafel yang ramah anak, toilet khusus yang ramah disabilitas juga harus disedikan di Rest Area ini serta ruang laktasi yang dapat digunakan oleh ibu dan anak. Pengolahan sampah menjadi kompos juga harus dihadirkan dalam Rest Area untuk mendukung green toll road, pupuk kompos ini dapat digunakan kembali untuk tanaman-tanaman di jalan tol.

Jarot Seno Wibawa selaku Branch Manager Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dan Pekanbaru - Padang mengatakan bahwa semua masukan dari tim penilai akan dievaluasi kembali dan diterapkan pada jalan tol ini dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Jarot juga berterima kasih atas masukan dari tim penilai dan diharapkan setelah melakukan evaluasi pada kedua Jalan Tol ini selanjutnya dapat memberikan pelayanan prima pada pengguna jalan tol di Indonesia.

Penyelenggaraan jalan tol berkelanjutan dilakukan untuk memenuhi core function di ruas jalan tol yang meliputi aspek kelancaran, keselamatan dan kenyamanan pengguna ruas tol dengan menerapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol, serta terpenuhinya supporting function di Rest Area jalan tol berupa penerapan regulasi tentang Tempat Istirahat Pelayanan (TIP)/ Rest Area, dan terpenuhinya fungsi kebutuhan pendukung dan pelengkap di Rest Area. Penilaian jalan tol berkelanjutan selanjutnya diharapkan agar semua jalan tol di Indoensia dapat konsisten memenuhi SPM serta upaya beyond SPM yang nantinya dapat memberikan pelayanan optimal bagi pengguna jalan tol. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: