Satu-satunya Tol di Indonesia yang Bisa Akses ke Luar Negeri

Satu-satunya Tol di Indonesia yang Bisa Akses ke Luar Negeri

Indonesia memiliki banyak ruas jalan tol namun hanya ada satu yang bisa menjadi akses masyarakat untuk pergi ke luar negeri-Foto: Istimewa-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Indonesia memiliki ruas jalan tol yang bisa akses ke luar negeri.

Ya, tol ini benar-benar bisa mengantarkan warga Indonesia mendekat ke negara tetangganya.  

Tol itu bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), sesuai namanya tol ini terletak di Pulau Sumatera.

Namanya adalah Tol Pekanbaru-Dumai atau Tol Permai, tol ini menjadi satu-satunya jalan tol milik Indonesia yang bisa membawa penggunanya untuk akses menuju ke negara tetangga yaitu Malaysia.

Tol Pekanbaru-Dumai memang bukan backbone JTTS, dia hanyalah sirip, namun siripnya ini benar-benar tajam, bisa membawa warga Indonesia menuju ke luar negeri.

Dumai dan Malaysia memang sangat dekat, menyeberang 2 jaman saja, kita sudah bisa menginjakkan kaki di Negeri Malaka.

Jika anda masuk dari Pekanbaru, maka bisa langsung menuju ke Kota Dumai dengan melakukan perjalanan naik Jalan Tol Pekanbaru - Dumai selama kurang lebih 1,5 hingga 2 jam perjalanan dengan kecepatan 80 Km/Jam.

Sesampainya di gerbang tol Dumai, kita bisa langsung mengambil rute ke Pelabuhan Penyebrangan Internasional Dumai, sangat dekat, dari gerbang tol ke pelabuhan hanya sekitar 30 menit saja.

Jangan lupa, sebelum menuju ke pelabuhan, pastikan dulu kelengkapan dokumen keberangkatan ke luar negeri telah disiapkan, salah satunya yaitu paspor.

Jika anda membawa kendaraan sendiri dari arah Pekanbaru, bisa menitipkan kendaraan di rumah kerabat di Dumai atau bisa juga diparkir di pelabuhan.

BACA JUGA:Orang Jakarta Bisa ke Malaysia Jalur Darat Via Jalan Tol Trans Sumatera, Jumat Berangkat Sabtu Sudah di Malaka

Tak lupa, membeli tiket ferry, bisa online bisa pula on the spot langsung di pelabuhan.

Jika sudah dapat tiket, tinggal melanjutkan perjalanan, sangat dekat, 2 hingga 3 jam, kita sudah sampai kita di Malaysia.

Perlu juga dicatat, ke Malaysia bisa kapan saja, setiap hari dari Senin ke Minggu, selalu ada rute kapal cepat ferry ke Malaysia dari Dumai.

BACA JUGA:Ada 9 Ruas Jalan Tol Sumatera, Mana yang Paling Ramai?
 
Ibaratnya, pagi sarapan masih di Kota Pekanbaru, makan siang kita sudah bisa di Malaysia sambil menikmati manisnya Teh Tarik di negeri jiran sana.

Penasaran mencoba? Hanya Tol Pekanbaru-Dumai yang bisa mengantar anda ke luar negara. (dpc)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: