Sangat Peduli Petani Sawit,  Apkasindo Minta Gubernur di Indonesia Tiru Gubernur Riau Syamsuar

Sangat Peduli Petani Sawit,  Apkasindo Minta Gubernur di Indonesia Tiru Gubernur Riau Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar--

PEKANBARU, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si, sungguh luar biasa dalam urusan terhadap kesejahteraan petani kelapa sawit.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Apkasindo Riau KH Suher. Menurutnya, berbeda dengan Provinsi lain, Apkasindo Riau mengaku beruntung mempunyai Gubernur, seperti Drs. H. Syamsuar, M.Si, Gubernur Riau

"Pak Syam sangat peduli dengan kami nasib dan kesejahteraan kami petani sawit di Riau. Pak Gub selalu menanyakan harga TBS setiap minggu penetapan harga TBS kepada Pak Zulfadli, Kadisbun Riau Dan meng kros cek nya kepada kami APKASINDO Riau, "ujarnya.

Suher menambahkan, terakhir yang fantastis adalah setelah Tim harga TBS Riau sudah menetapkan harga TBS Petani Mitra Swadaya.

"Ini yang pertama di Indonesia," kata Ketua Apkasindo Riau KH Suher.

Dasar dari Harga TBA mitra swadaya ini adalah Pergub 77 Tahun 2020 tentang tataniaga TBS sbagai turunan Permentan 01 2018.

"PKS yang sudah ber mitra swadaya memang baru 9 PKS dari 304 PKS di Riau, memang masih sedikit, tp kedepannya ini akan menjadi wajib hukumnya karena regulasi memerintahkan atau kami usulkan supaya cabut izin PKS nya, tegas KH Suher," ujarnya seperti dikutip dari media center Pemprov Riau

Keberhasilan Penetapan Harga TBS Mitra Swadaya telah menghebohkan 21 Provinsi Sawit lainnya, sehingga Disbun Riau dalam 1 bulan ini diketahui akan menerima beberapa provinsi sawit untuk studi banding.

"Saya rasa apa yang sudah dilakukan oleh Pak Gubri bisa menjadi cermin kepada Saudara-saudara kami di Provinsi lain untuk mendesak kepedulian  Gubernurnya. Memang masih ada beberapa yang harus dipertegas terkhusus implementasi sebenar-benarnya harga tbs penetapan Disbun di PKS-PKS. Terkhusus petani mitra swadaya dan petani swadaya," katanya.

Untuk membereskan ini, Pemerintah Provinsi Riau sudah bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Riau melalui Program Jaga Zapin, Program Kepdulian Kejati Riau terhadap petani sawit Riau.

"Sekali lagi, kami petani sawit Riau sangat beruntung, karena selain Pak Gub, Pak Kajati Riau, Dr Supardi, SH.,MH, Sangat komit dan peduli terhadap kami petani sawit," ujar KH Suher.

Kajati dalam pendampingan Tim Harga TBS Riau, tidak mau hanya di level rapat Tim Harga TBS Riau, tapi juga sampai ke PKS PKS. Makanya dalam waktu dekat Tim Satgas Jaga Zapin Riau akan Sidak ke beberapa PKS yang terkenal "nakal dan curang".

"Data terkait PKS tersebut sudah kami inventarisasi dan sudah kami laporkan ke Ketua Umum. Data ini akan kami serahkan ke Pak Kajati Riau dan Polda Riau," ujar KH Suher.

"Tak henti-hentinya kami mengatakan cukup beruntung, karena Pak Kapolda Riau, Irjend Pol M Iqbal, juga sangat komit menjaga kami petani sawit melalui "Polda Riau Sahabat Petani Sawit" dan hal ini langsung action melalui pertemuan Kapolres se Riau dengan APKASINDO Riau membicarakan banyak hal, termasuk antisipasi Karhutla," urai KH Suher.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: