Mengintip Proyek-Proyek Migas Perusahaan Happy Hapsoro Suami Puan Maharani

Mengintip Proyek-Proyek Migas Perusahaan Happy Hapsoro Suami Puan Maharani

Temporary Discharge Terminal LPG yang berlokasi di Sluke, Kabupaten Rembang merupakan salah satu proyek perusahaan Happy Hapsoro -Foto: Dok PT Rukun Raharja Tbk-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Suami Puan Maharani, Happy Hapsoro Sukmonohadi memiliki beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang minyak dan gas (migas).

Melalui PT Rukun Raharja Tbk, suami Puan Maharani membukukan banyak catatan dalam menjalankan beberapa proyek migas di tanah air.

Happy Hapsoro di perusahaan ini berstatus sebagai pemilik 32,60 persen saham senilai USD3.574.011 setara Rp53,5 Miliar (kurs terkini Rp14.994).

Mari kita mengintip sekilas proyek-proyek migas yang dikerjakan perusahaan Hapsoro melalui PT Rukun Raharja Tbk, dikutip dari informasi yang ditayangkan oleh situs resminya:

1.Proyek Pipa Minyak Rokan

Tahun 2022 Perusahaan Hapsoro ini pernah Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT Pertamina Gas merampungkan Proyek Pipa Minyak Rokan yang membangun pipa minyak Rokan (mechanical completion pipeline) dengan total panjang pipa 342 Km dan 13 segmen pipa.

Pipa Minyak Rokan ini melintasi 5 Kabupaten/Kota dan 38 Desa di Riau. Proyek ini juga terbilang berhasil mencatatkan 4.045.342 jam kerja aman, tanpa kecelakaan hingga proyek selesai di Januari 2022.

2. Terminal LPG

PT Rukun Raharja, Tbk melalui anak usahanya yaitu PT Heksa Energi Mitraniaga juga pernah membangun Temporary Discharge Terminal LPG yang berlokasi di Sluke, Kabupaten Rembang.

Fasilitas yang berada di terminal ini adalah mencakup dermaga sandar tanker LPG berkapasitas maximum 8000DWT, fasilitas filling station truck LPG beserta fasilitas pendukungnya yang saat ini secara operasional mendukung penyaluran LPG sampai dengan 750MT per harinya.

Pembangunan LPG terminal ini rampungh tahun 2021 Dan akan jadi salah satu fasilitas yang akan mendistribusikan LPG di wilayah Jawa Tengah, yang nantinya penyaluran LPG dari terminal ini akan memenuhi kebutuhan supply LPG ke berbagai lokasi SPBE dan agen industri di wilayah Jawa Tengah.

3. Jual Beli Gas Jambi

PT Rukun Raharja, Tbk melalui anak usahanya yaitu PT Energasindo Heksa Karya (EHK) juga pernah menjalankan proyek Jual Beli Gas dengan Jindi South Jambi B Co. Ltd. (Jindi).

Dengan ditandatanganinya KB tersebut EHK telah resmi mendapatkan alokasi gas baru sebesar 12BBTUD sehingga total alokasi gas yang dimiliki EHK di Pulau Sumatera sampai dengan tahun 2021 ini adalah sebesar 26 BBTUD.

KB/PJBG antara EHK dan Jindi ini berlaku untuk masa kerjasama selama 20 tahun atau sampai dengan tahun 2040. Dalam mengakomodasi penambahan alokasi gas tersebut EHK akan bekerjasama dengan PT Transportasi Gas Indonesia (TGI). TGI sudah lebih dari 10 tahun menjadi mitra EHK dalam pengaliran gas milik EHK di Pulau Sumatera.

4. Proyek Blok Cepu


Perusahaan milik hapsoro ini juga ikut dalam proyek Blok Cepu. Rukun Raharja menandatangani Akta Jual Beli PT Raharja Energi Cepu di Ruang Pelataran Ramayana Hotel Kempinski, Jakarta, pada 28 September 2018.

Penandatanganan tersebut dilakukan bersama DSME ENR Cepu dengan nilai transaksi mencapai US$2,31 juta. Rampungnya prosesi jual beli ini memperluas portofolio Rukun Raharja di bisnis hulu minyak dan gas nasional.

4. Akuisi Perusahaan Perdagangan Gas

PT Rukun Raharja, Tbk melalui anak usahanya, PT Energasindo Heksa Karya juga mengakuisisi 85% kepemilikan saham PT Artha Prima Energy, perusahaan ini bergerak dibidang distribusi dan penjualan CNG.

Akuisisi merupakan diversifikasi bisnis yang dilakukan Perseroan, maka di tahun 2021 ini Perseroan mulai memperluas jaringan customer dengan melakukan distribusi dan perdagangan gas melalui CNG.

Saat ini customer CNG ini tersebar diwilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. profile customer yang dilayani oleh APE saat ini mayoritas adalah industri Food and Beverage dan Industri Perhotelan.

5. Akuisi Perusahaan Jaringan Pipa

PT Rukun Raharja, Tbk melalui anak usahanya, PT Energasindo Heksa Karya ternyata juga mengakuisisi 100% kepemilikan saham PT Majuko Utama Indonesia, perusahaan yang memiliki jaringan pipa di Banten dengan panjang pipa lebih dari 12 km.

Cakupan pipa tambahan ini berfungsi untuk membangun jaringan customer di wilayah usaha PT Energasindo Heksa Karya.

6. Kontraktor Migas WK Jabung Tengah

PT Rukun Raharja ini konsorsium dengan PT Cipta Niaga Gemilang juga tercatat sebagai pemenang lelang kontrak bagi hasil WK Jabung Tengah.

Total investasi komitmen pasti dari kerjasama bagi hasil WK Jabung Tengah adalah sebesar USD16.550.000 atau sekitar Rp248,166 Miliar dan bonus tanda tangan sebesar USD150.000 atau sekitar Rp 2,249 Miliar.

7. Dan Lainnya

BACA JUGA:BUMN China Lanjut Tancap Bor Migas Jambi Hingga 2043, Klaim Sudah Investasi Rp81,5 T di RI

BACA JUGA:Perusahaan Suami Puan Maharani Naik Kuasa Kendalikan Bisnis Bukit Uluwatu Villa Bali

PT Rukun Raharja juga merilis profilnya sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam proyek migas, mulai dari infrastruktur gas, perdagangan gas, pembangkit listrik, hulu energi hingga oil and gas service.

Sebenarnya perjalanan perseroan ini bermula dari bisnis properti (real estate). Seiring perkembangan usaha, pada 22 Januari 2003, Rukun Raharja resmi terdaftar sebagai Perusahaan Terbuka melalui pencatatan saham di Bursa Efek Surabaya (kini menjadi Bursa Efek Indonesia) dengan kode saham RAJA dan banyak menggarap proyek-proyek migas di Indonesia. (dpc)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: