Ini Hasil Cek Fisik Tol Indralaya-Prabumulih, Undur Operasi?

 Ini Hasil Cek Fisik Tol Indralaya-Prabumulih, Undur Operasi?

Jalan Tol Indralaya-Prabumulih mulai dikerjakan sejak Juli 2019 dan ditargetkan operasi Agustus 2023-Foto: Dok HKI-

SUMSEL, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tol Indralaya-Prabumulih telah dilakukan cek fisik selama kurang lebih dua hari oleh beberapa instansi.


Instansi yang terlibat diantaranya Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumsel dan instansi lainnya. Semua telah meninjai ke lapangan.

Mengapa harus cek fisik? Karena PT Hutama Karya selaku pengembang memang diwajibkan melaksanakan serangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) Tol Indralaya – Prabumulih jelang operasi.

Tak hanya fisik, Tol sepanjang 64,5 Kilometer ini juga dicek standar manajemen dan keselamatan lalu lintasnya.

Ada tiga tim yang melakukan pemeriksaan, ada yang cek Bidang Keselamatan dan Manajemen Lalu Lintas Jalan, Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap, dan ada yang cek Bidang Operasi dan Administrasi.


Lantas apa hasilnya? Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, hasilnya nanti akan diumumkan setelah rapat pleno.

Hanya saja ia optimis, SLO (Sertifikat Laik Operasi) Tol Indralaya-Prabumulih akan terbit di akhir bulan Juni. Artinya, jika SLO keluar, maka operasi tol ini sudah bisa dilakukan.

Tol Indralaya-Prabumulih akan melewati beberapa daerah di Sumsel diantaranya Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih.

Tjahjo optimis, tol yang sempat operasi fungsional Lebaran lalu ini, akan segera resmi operasi tak lama lagi, sesuai jadwal sekitar Agustus 2023.

BACA JUGA:Tol Indralaya-Prabumulih Tuntas, Tol Prabumulih-Muara Enim Kapan? Ini Jawaban HK

BACA JUGA:6 Rahasia Umum HKI Dalam Membangun Tol Indralaya-Prabumulih, Pantas Saja…


Lebaran lalu ada 43 ribu kendaraan yang memanfaatkan ruas Tol Indralaya-Prabumulih, ia optimis jika nanti operasi, peminatnya juga tak kalah banyak.

Tol Indralaya – Prabumulih akan mempersingkat waktu perjalanan menjadi 1 jam saja dari Palembang menuju Prabumulih.

Sepanjang jalan, kita akan menjumpai 2 Simpang Susun, 8 overpass, 18 jembatan, 10 Box Underpass, 2 Box Overpass, 22 Box Pedestrian, 1 Gerbang Tol, dan 1 pasang Rest Area Tipe A. (dpc)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: