Tol Indralaya-Prabumulih Tuntas, Tol Prabumulih-Muara Enim Kapan? Ini Jawaban HK

Tol Indralaya-Prabumulih Tuntas, Tol Prabumulih-Muara Enim Kapan? Ini Jawaban HK

Tol Prabumulih dalam desainnya akan menyambung ke Muara Enim menuju Bengkulu-Foto: Dok HKI-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tak ada lagi keraguan, Tol Indralaya-Prabumulih selangkah lagi siap operasi. Kontruksi tol telah rampung dan hanya tinggal finishing dan menunggu Sertifikat Laik Operasi keluar.

Hanya saja, lanjutan Tol Indralaya-Prabumulih menuju Bengkulu ini sebenarnya belum lah tuntas, seharusnya Tol Indralaya-Prabumulih masih akan menyambung ke seksi berikutnya, yaitu seksi Tol Prabumulih-Muara Enim.

Kemudian dilanjutkan lagi dengan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuklinggau dan Tol Lubuklinggau-Curup-Taba Penanjung Bengkulu.

Lantas kapankah Tol Prabumulih-Muara Enim mulai dikerjakan? Direktur Operasi III PT Hutama Karya, Koentjoro beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan jalan tol Prabumulih-Muara Enim memang belum akan dibangun tahun ini namun rencananya akan dilanjutkan pada Tahap berikutnya, bisa jadi 2024 maupun setelahnya.

Tol Indralaya–Muara Enim di Sumatra Selatan memiliki Panjang total 119 km dan 65 kilometernya merupakan ruas Tol Indralaya-Prabumulih.

Tol Prabumulih-Muara Enim dalam perencanaanya akan melintasi 4 kecamatan di Kabupaten Muara Enim yaitu Kecamatan Rambang, Kecamatan Rambang Niru, Kecamatan Gunung Megang dan Kecamatan Muara Enim.

Tol Prabumulih-Muara Enim dengan Panjang 54 kilometer tak hanya akan melewati tanah milik masyarakat, namun juga akan melintasi lahan milik PT Musi Hutan Persada, PTPN VII, dan lahan milik PT Medco.

Hingga saat ini memang belum ada perintah dari Kementerian PUPR untuk menuntaskan pembebasan lahan untuk ruas Tol Prabumulih-Muara Enim karena pemerintah Provinsi Sumatera Selatan masih menunggu aba-aba dari pemerintah pusat.


Sebelumnya, Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan AP Msi dikutip Jambi Ekspres dari enimekspres.co.id mengatakan, lahan untuk Tol Prabumulih-Muara Enim sebenarnya sudah dibebaskan sebanyak10 persen.

“Untuk kelanjutannya kita masih menunggu informasi dari pemerintah pusat. Pemkab Muara Enim selalu siap memfasilitasi untuk pembebasan lahan dengan warga,” ujar Kurniawan.

Lanjut Kurniawan, tak hanya pemkab, masyarakat Muara Enim pun berharap Tol Prabumulih-Muara Enim bisa segera dilanjutkan karena akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Muara Enim secara umum. (dpc)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: