Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, PJ Bachril Minta ASN Memaknai Nilai Pancasila

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, PJ Bachril Minta ASN Memaknai Nilai Pancasila

Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, memimpin upacara Harlah Pancasila Tahun 2023 --

SAROLANGUN, JAMBIEKSPRES.CO.IDPenjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc memimpin langsung menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-78 Tahun 2023, Kamis (01/06/2023) di halaman Kantor Bupati Sarolangun.

Dalam amanatnya, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan, Pancasila berarti lima dasar yang merupakan dasar moral ideologis bagi negara.

” Dimana Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini sesuai dengan tema Gotong Royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh jajaran Forkompinda dan stake holder serta semua pihak yang menjadi kunci dalam program peradaban yang berkelanjutan dan pertumbuhan global yang eksklusif,” katanya.

Bachril menyebutkan, lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia tak terlepas dari andil Presiden pertama RI, Soekarno. Dari buku ajar pendidikan Indonesia oleh Irwan Gesmi dan Yun Hendri, Soekarno mengemukakan buah pikirannya kepada seluruh peserta sidang BPUPKI pertama pada 1 Juni 1945.

” Adapun penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati Harlah Pancasila baru dimulai pada masa kepresidenan Joko Widodo. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, 1 Juni pun ditetapkan sebagai peringatan nasional Hari Lahir Pancasila,” katanya.

Selain itu, Bachril Bakri juga menegaskan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sarolangun untuk menjadi momentum lahirnya Pancasila dengan memaknai secara betul nilai-nilai pancasila, dengan menjaga integritas sebagai ASN secara profesionalisme, melakukan tugas dengan betul-betul bertanggungjawab, transparansi, meningkatkan disiplin kerja, dan menjaga rasa persatuan dan kesatuan sehingga dapat melancarkan pembangunan di berbagai sektor.

” Kerja sama dalam bidang infrastruktur, Sumber Daya manusia menjadi faktor utama dalam pembangunan, dan mewujudkan peradaban yang berkelanjutan dan pertumbuhan global. Saya juga meminta kepada seluruh ASN untuk dapat menggunakan Id-card, untuk Eselon II berwarna Merah, Eselon III berwarna Hijau dan Eselon IV berwarna Biru,” pungkasnya.(hnd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: