Menjadi Haji Mabrur Adalah Cita-Cita Orang yang Beribadah Haji, Berikut 4 Ciri-Ciri Haji Mabrur

Menjadi Haji Mabrur Adalah Cita-Cita Orang yang Beribadah Haji, Berikut 4 Ciri-Ciri Haji Mabrur

Suasana di kabah pada musim haji --foto: IG----

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Menjadi haji yang mabrur adalah harapan semua orang yang melaksanakan Ibadah Haji.

Tetapi tidak semua orang bisa menggapainya. Untuk itu penting bagi kita mengetahui apakah kita sudah menjadi Haji yang mabrur atau belum. Sehingga kita bisa terus belajar untuk menjadi yang terbaik dalam hal ibadah. 

Berikut ciri - ciri utama Haji mabrur :

1. Memberikan dan Menebar Kedamaian Kepada Orang Orang Sekitar

Hal ini sesuai dengan Hadits Riwayat Ahmad, dimana para sahabat bertanya tentang apa itu Haji mabrur, Rasulullah SAW menjawab, 'Memberikan makanan dan menebarkan kedamaian. 

2. Berbicara Dengan Santun

Selain menebar kedamaian. Haji mabrur akan memiliki tutur kata yang santun. Ini dijelaskan dalam kitab Umdatul Qari milik Imam Badrudin Al-Aini. 

Dijelaskan saat Rasulullah SAW ditanya tentang Haji mabrur, beliau menjawab, 'Memberikan makanan dan santun dalam berkata.' 

3. Memiliki jiwa Kepedulian Sosial Yang Tinggi Bagi Orang Sekitar

Dalam riwayat sebelumnya di katakan, Haji mabrur adalah memberikan makanan. Untuk itu dapat diartikan seseorang yang menjadi Haji mabrur memiliki kepedulian sosial gang tinggi salah satunya memberikan makanan kepada orang orang yang membutuhkan. 

4. Menghindari Perbuatan Maksiat 

Menjadi Haji mabrur harusnya menjadikan seseorang lebih paham tentang apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan dalam Islam. Karena hal utama yang nampak adalah memberikan dampak potong usai menunaikan haji dalam segala aspek. 

Semoga empat ciri ciri tersebut bisa dimiliki sehingga menjadi Haji mabrur. Karena dari riwayat HR. Bukhari dan HR. Muslim Abu Hurairah menjelaskan balasan yang pantas bagi Haji mabrur adalah surga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: