Waspada Kantong Terguncang Lewat Tol Bakauheni - Terbanggi Besar, Tarif Naik 25 Mei Jadi Berapa?

Waspada Kantong Terguncang Lewat Tol Bakauheni - Terbanggi Besar, Tarif Naik 25 Mei Jadi Berapa?

Hutama Karya menginformasikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan penyesuaian tarif kepada dua ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Foto: Dok Hutama Karya-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Awas jangan sampai kantong anda terguncang saat naik Tol Bakauheni - Terbanggi Besar. Karena apa? Karena mulai 25 Mei 2023 pukul 00.00 tarif tol ini akan mulai naik.

 

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam keterangan resminya mengumumkan bahwa akan segera memberlakukan tarif baru pada Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar.

 

Tol sepanjang 140 Km ini mulai tanggal 25 Mei 2023 tepatnya pada Pukul 00.00 WIB akan dikenakan tarif baru.

 

Kok naik sih pak? Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan penyesuaian tarif ini dilakukan untuk menciptakan iklim investasi jalan tol agar tetap kondusif yang berdampak pada keberlanjutan jalan tol ini.

 

“Selain itu, mengingat Tol Bakter merupakan tol yang cukup panjang hingga 140 KM sehingga biaya maintenance dari tahun ke tahun pun semakin bertambah. Kami juga melengkapi banyak fasilitas dalam mengoptimalisasi pengoperasian Tol Bakter sehingga penyesuaian tarif ini juga telah dibarengi dengan peningkatan layanan yang ada,” tambah Koentjoro.

 

Ia juga mengatakan, bahwa setelah dilakukannya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), Hutama Karya akan melakukan penyesuaian tarif sesuai regulasi.

 

Dalam prosesnya, Hutama Karya juga telah menerima banyak masukan dari Pemerintah Pusat dan Daerah maupun Key Opinion Leader (KOL) terkait penyesuaian tarif ini melalui Focus Group Discussion (FGD) Internal Virtual Terbatas Sosialisasi Penyesuaian Tarif Tol Bakauheni – Terbanggi Besar yang telah dilaksanakan pada 3 Mei lalu.

 

Lantas jadi berapa tarif terbarunya? “Terkait besaran tarifnya akan kami infokan lebih lanjut saat SK tarif baru telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR,” lanjut Koentjoro.

 

Namun, sebagai apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah setia memilih Tol Bakter sebagai alternatif perjalanan sejak tahun 2018, Hutama Karya lanjut Koentjoro akan memberikan diskon tarif baru hingga 20% di seluruh gerbang tol yang ada di Ruas Tol Bakter mulai tanggal berlaku tarif 25 Mei 202.

 

Hutama Karya berharap pengguna jalan tol dapat memanfaatkan dan menikmati diskon tarif yang diberikan. Perlu diingat bahwa penyesuaian tarif ini baru dilakukan di Tol Bakter, sehingga masyarakat yang melintas dari GT Terbanggi Besar hingga GT Kayu Agung masih menggunakan tarif normal yang ada di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung,” tutup Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya.

 

Dengan penyesuaian tarif yang berlaku, Hutama Karya mengimbau kepada pengguna Jalan Tol Bakter untuk memastikan kecukupan saldo Kartu Uang Elektronik (UE) sebelum melakukan perjalanan dan segera top-up Kartu UE jika saldo kurang agar tidak menyebabkan antrian di gerbang tol, mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol serta selalu SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: