RESMI! Ini Daftar Motor Dilarang Pakai Pertalite, Ada Yamaha XMAX, Honda X-ADV, Hingga Kawasaki Ninja H2

 RESMI! Ini Daftar Motor Dilarang Pakai Pertalite, Ada Yamaha XMAX, Honda X-ADV, Hingga Kawasaki Ninja H2

Pengendara sepeda motor saat mengantri untuk mengisi BBM di SPBU--

Inilah sebabnya, sirkulasi oli yang kurang baik kerap menjadikan mesin jadi lebih cepat panas. Dengan tidak bekerjanya sirkulasi oli pada mesin, juga menghambat proses pendinginan mesin sehingga suhu meningkat lebih cepat.

Penggunaan Oli Mesin yang Kurang Cocok

Pada dasarnya, setiap oli mesin dibuat dengan standar khusus. Standardisasi tersebut ternyata memiliki alasan dan tujuan tertentu. Salah satunya supaya mesin motor dengan jenis oli tersebut tidak cepat panas.  Pun sebaliknya, jika Anda menggunakan oli motor yang tidak direkomendasikan oleh pabrikan pasti menjadikan kondisi pada mesin tersebut lebih cepat panas. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan oli sesuai standardisasi mesin.

Jangan hanya tergiur dengan harga murah, sementara kualitasnya Anda abaikan. Selisih harga antara satu merk oli dengan lainya bisanya tidak terlalu banyak. Jadi pastikan Anda memilih yang terbaik sesuai rekomendasi pabrik.

Pengaturan Bahan Bakar Motor yang Terlalu Irit

Penyebab lain mesin motor cepat panas adalah kesalahan pengaturan bahan bakar sehingga terlampau irit. Umumnya, pengaturan semacam ini dilakukan di bagian karburator. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mengatur beberapa sekrup setelah stationer yang ada di bagian karburator supaya lebih dekat ke arah brebet.

Itulah beberapa penyebab motor cepat panas sekaligus solusi yang bisa Anda coba terapkan agar kendaraan bisa Anda gunakan dengan nyaman (*)

Berikut Daftar Sepeda Motor yang Dilarang Memakai Pertalite:

Kawasaki

Kawasaki KX450;

Kawasaki KLX250;

Kawasaki Ninja H2;

Kawasaki Ninja ZX10R;

Kawasaki Ninja ZX-25R;

Kawasaki Ninja 250SL;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: