RESMI! Ini Daftar Motor Dilarang Pakai Pertalite, Ada Yamaha XMAX, Honda X-ADV, Hingga Kawasaki Ninja H2

 RESMI! Ini Daftar Motor Dilarang Pakai Pertalite, Ada Yamaha XMAX, Honda X-ADV, Hingga Kawasaki Ninja H2

Pengendara sepeda motor saat mengantri untuk mengisi BBM di SPBU--

“Saya setuju dengan Pak Saleh, MyPertamina memang salah satu tools atau cara yang tepat untuk membaca real time konsumen yang memang perlu mendapat subsidi. Oleh karena itu kebijakan energi harus dipikirkan secara holistik, dan kami yakin sistem ini bisa membantu regulasi ke arah tepat sasaran. Tidak hanya tepat sasaran, kami bersama BPH Migas juga terus mengupayakan bagaimana pemakaian energi di masyarakat bisa Zero Emission,” jelas Sugeng. 

5 Biang Kerok Mesin Motor Cepat Panas

Motor baru biasanya memiliki performa yang mantap dan bertenaga. Tetapi seiring dengan waktu, pasti bakal ada penurunan performa pada beberapa bagian. Hal ini wajar, tetapi bukan berarti bisa Anda biarkan begitu saja.

Sebab tidak selalu masalah datang dari usia motor. Misalnya saja soal motor cepat panas atau overheat yang bisa terjadi karena perawatan yang kurang tepat.

Panas yang berlebihan pada mesin sepeda motor adalah peningkatan suhu di atas batas normal yang terjadi pada komponen tersebut. Biasanya disebabkan oleh banyak faktor.

Mulai dari kualitas oli, sirkulasi oli, hingga hilangnya fungsi pendinginan pada komponen mesin motor tersebut. Agar masalah ini tidak terjadi, ada beberapa faktor penyebab yang sebenarnya bisa Anda antisipasi. Berikut 5 penyebab mesin cepat panas seperti diikutip dari MyPertamina

Terjadi Masalah pada Sensor Suhu

Salah satu keunggulan dari motor keluaran terbaru adalah penggunaan komponen sensor suhu bernama Engine Coolant Temperatur. Komponen ini berperan untuk menginformasikan suhu pada ECU yang kemudian, mendinginkan mesin sepeda motor.

Karenanya, ECU yang mengalami kerusakan juga bisa jadi penyebab mesin motor overheat. Tidak ada salahnya untuk melakukan servis berkala pada bagian ini supaya sepeda motor bisa digunakan secara normal dan optimal.

Tidak Mengganti Oli secara Berkala

Penyebab utama motor cepat panas adalah kondisi oli yang sudah tak layak pakai. Biasanya, oli yang kotor ini terjadi karena Anda telat mengganti oli motor atau lupa tidak menggantinya secara berkala. Inilah yang kemudian menyebabkan kualitas oli di dalam mesin jadi kurang baik. Alhasil, kinerja mesin jadi terhambat.

Anda sangat disarankan untuk mengganti oli sesuai rekomendasi pabrikan. Menggunakan oli yang sesuai saja tidak cukup, Anda juga sebaiknya menggunakan bahan bakar terbaik yang bisa didapatkan di SPBU Pertamina terdekat seperti Pertamax Turbo atau Pertamax.

Untuk mengetahui SPBU Pertamina terdekat, Anda dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di smartphone. Bukan hanya mendapat produk berkualitas untuk motor kesayangan, harga BBM Pertamina juga sangat terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong Anda.

Sirkulasi Oli yang Kurang Baik

Bagi Anda pecinta otomotif, sudah pasti tak asing jika mendengar istilah oil coolant. Oil coolant nyaris serupa dengan radiator motor yang berfungsi sebagai pendingin oli pada mesin yang mengalami overheating.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: