Sudah Keluar Uang Banyak Pemprov Jambi Batal Buka SMA Titian Teras Bungo, Akan Diganti Jadi Ini

Sudah Keluar Uang Banyak Pemprov Jambi Batal Buka SMA Titian Teras Bungo, Akan Diganti Jadi Ini

SMAN Titian Teras--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Provinsi Jambi mengubah rencana membuka SMA Titian Teras II di Kabupaten Bungo setelah uang banyak keluar untuk SMA berasrama itu.

 

Setidaknya sudah lebih dari Rp20 Miliar dana dihabiskan untuk pembangunan SMA Titian Teras di Babeko Bungo ini.

 

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria beberapa waktu lalu mengatakan, biaya yang sudah dihabiskan untuk membangun SMA Titian Teras II Babeko Bungo itu cukup besar.

 

"Hampir Rp 20 miliar itu kita buat,” ujar Fadli Sudria. Ia menilai bangunan yang sudah menelan banyak dana seharusnya difungsikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi, salah satunya bisa dijadikan SMK prioritas unggulan jika memang pemerintah tidak bisa menjadikannya sebagai SMA Titian Teras Bungo.

 

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jambi pun sepertinya telah bulat ingin membatalkan rencana pembukaan SMA Titian Teras II Babeko Bungo dan akan menggantikannya dengan SMK unggulan bernama SMK Titian Teras.

 

Gubernur Jambi Al Haris Kamis (18/5) juga telah meninjau lokasi SMA Titian Teras Babeko Bungo dan menyampaikan soal rencananya ini.

 

Kata Al Haris, saat kunjungan Presiden Jokowi di SMKN 4 Selasa (17/5) kemarin, Jokowi menilai SMK bisa melahirkan generasi yang bisa terjun ke tengah masyarakat.

 

Jadi menurut Al Haris, tugas Pemerintah Provinsi Jambi menjawab tantangan presiden itu dengan melanjutkan rencana membuka SMK unggul di lokasi yang seharusnya akan dibuka SMA Titian Teras Bungo itu.

 

Terlebih lagi, di lokasi SMA Titian Teras Bungo sekarang telah ada SMK 2 Bungo. SMK 2 Bungo ke depannya akan dilebur menjadi SMK Titian Teras yang dikelola Pemerintah Provinsi Jambi.

 

Hanya saja untuk membuka SMK unggul ini, kata Al Haris perlu persiapan lebih lanjut. Tak bisa hanya dengan persiapan gedung namun juga kelengkapan sarana dan prasarana.

 

“Kita minta ini nanti bisa dibantu pemerintah pusat nanti,” ujarnya kepada wartawan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Syamsurizal dan Karo Administrasi Pimpinan Edi Kusmiran

 

Kata Al Haris, SMK Unggul Titian Teras ini nantinya akan membuka empat jurusan yaitu jurusan, otomotif, Multimedia, Agro dan Jurusan Pertambangan, dan ini akan dimatangkan kembali.

 

Semua siswanya nanti akan menginap di asrama yang akan disediakan, dengan sistem hampir sama dengan SMA Titian Teras yang ada di Mendalo Muaro Jambi.

 

Untuk guru, nanti akan disiapkan tenaga pendidik yang berkualifikasi sesuai jurusan yang dibuka, dan Pemerintah Provinsi Jambi akan menerima guru-guru itu melalui jalur PPPK.

 

“Guru terbaik yang masih honor nanti bisa kita minta mengajar di sini berdasarkan kualifikasi pendidikannya,” lanjut Al Haris lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: